Kupas Tuntas Visi Misi Paslon Dalam Dua Kali Debat



Ilustrasi. (foto-net)

Pagaralam, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam, bakal menggelar debat publik sebanyak dua kali. Dalam ‘arena’ inilah publik dapat mengupas tuntas visi dan misinya masing-masing.

Komisioner KPU Kota Pagaralam, Irfan Amd memastikan, debat publik akan digelar. Irfan menyebutkan, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan seluruh tim pemenangan Paslon, debat publik akan digelar sebanyak duakali.

“Awalnya kami rencananakan sekali saja. Tapi, karena ada permintaan dari seluruh tim Paslon, akhirnya debat kami laksanakan duakali,” ucap Irfan.

Debat pertama kata Irfan, digelar pada 24 Maret 2018. Sedangkan debat kedua digelar tiga hari sebelum masa tenang, yakni pada 20 Juni 2018.

Baca Juga :   Petani Pagaralam Kunjungi Eksportir Kopi Malang

Diakui Irfan, forum debat publik ini bertujuan salahsatunya untuk mengupas tuntas visi dan misi tiap-tiap Paslon Wako dan Wawako Pagaralam.

“Nanti enam Paslon itu kami berikan kesempatan untuk memaparkan visi dan misinya. Setelah itu, masing-masing Paslon dapat memberikan komentar,”ucap Irfan memberikan gambaran singkat jalannya debat publik nanti.

Agar debat berjalan dengan baik, ditambahkan Irfan, nanti akan dihadirkan seorang panelis yang berkompeten. Panelis ini juga diharapkan netral, tidak memihak dan memiliki kepentingan apapun.

Karena itu, dia berharap, panelis yang dihadirkan dalam forum debat publik nanti benar-benar orang yang profesional.

Debat publik sendiri merupakan salahsatu bentuk kampanye. Mengutip undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada pasal 65, kampanye dapat dijalankan melalui pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, debat publik/debat terbuka antar Paslon. Kampanye juga bisa dijalankan dengan menyebar bahan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye, iklan media massa, dan kegiatan lain yang tidak melanggar aturan.

Baca Juga :   Bupati Banyuasin Tampung Keluhan Warga Sungai Sembilang

Adapun masa kampanye sudah dimulai sejak 15 Februari lalu. Masa kampanye ini akan berakhir tiga hari sebelum masa tenang yakni 23 Juni 2018. Agar kampanye berjalan tertib, KPU Kota Pagaralam sudah menetapkan jadwal kampanye untuk tiap-tiap Paslon. Dengan demikian, benturan kampanye diharapkan tidak terjadi. (asn)







Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Proyek Tol Seksi II Prabumulih-Muara Enim Masuk PSN 2025

Muara Enim, KoranSN Pj Bupati Muara Enim Dr H Ahmad Rizali MA memastikan proyek jalan …

error: Content is protected !!