Lagi, Kelompok Tani Terima Mesin Perontok Jagung

Petani jagung di Air Sugihan panen raya. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, koranSN

Setelah memberikan bantuan 1 mesin perontok Jagung kepada Koperasi Sri Lestari di Desa Bukit Batu kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI beberapa hari lalu, kini bantuan serupa diberikan kepada Kelompok Tani di Desa Simpang Heran Kecamatan Air Sugihan.

Adalah PT OKI Pulp & Paper Mills yang berada di Kecamatan Air Sugihan yang menyalurkan program CSR kepada masyarakat yang berada di sekitar operasi perusahaan. Mesin perontok biji jagung itu diserahkan direktur perusahaan kepada ketua kelompok tani.

Direktur PT OKI Pulp and Paper Mills, Gadang H Hartawan mengatakan, mesin perontok atau pemipil yang dibagikan merupakan hasil rekayasa, rancang bangun dan modifikasi desain, model serta prototipe alat dan mesin pertanian terbaru.

Baca Juga :   BNN Datangi Pemkot Pagaralam, 70 PNS Dites Urine

“Ini adalah bantuan kedua yang kita berikan untuk kelompok tani yang ada di lokasi perusahaan,” katanya.

Menurut Gadang, bantuan ini diberikan dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani yang ada di Kabupaten OKI dan diharapkan mesin pemipil ini dapat menurunkan biaya produksi petani.

“Sehingga para petani kita berbasis teknologi yang mempermudah panen. Dengan ini nantinya bisa menurunkan anggaran hasil panen yang dilakukan dengan cara tradisional,” kata Gadang seraya menjelaskan yang dilakukan pihaknya mendapat dukungan Dinas Tanaman, Ketahanan pangan dan Holtikultura OKI.

Dengan mesin ini kata Gadang,  setidaknya para petani jagung mampu menghemat biaya produksi Rp 8000 per goni. “Sedangkan satu hektar bisa mencapai 170 goni, jadi mereka bisa menghemat dana mencapai Rp 1,5 juta per hektar,” kata Gadang.

Baca Juga :   Di OKI Kompak, Himbau Beribadah di Rumah

Kepala Dinas Tanaman, Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten OKI, HSyarifuddin SP MSi mengatakan, bantuan alat ini dapat menambah alat perontok yang ada dan sangat bermanfaat bagi petani di Kecamatan Air sugihan yang saat ini sedang mengembangkan tanaman jagung di lahan pasang surut IP 300 (padi-padi-jagung). (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Infrastruktur dan SDM Masih Kendala Pembelajaran Daring

Lahat, KoranSN Sosialisasi dan kunjungan kerja Dewan Pendidikan Sumatera Selatan ke tiga wilayah kabupaten yaitu …