Lakukan Germas Melalui Ceramah Agama

Ribuan jamaah yang menghadiri tabligh akbar. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) dalam mensosialisasikan dan mengajak warga melakukan program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Salah satunya dengan menggelar pengajian rutin majelis taklim Bende Seguguk dan ceramah agama yang bertemakan

“Mencetak Generasi yang Sehat dan Kuat dengan ASI Ekslusif” di Pendopoan Rumah Dinas Bupati OKI beberapa hari lalu.

Ketua TP PKKOKI Hj Lindasari Iskandar yang juga Penasehat Pengajian Bende Seguguk menuturkan, pihaknya berkomitmen ikut serta dalam memajukan Kabupaten OKI, khususnya dalam bidang kesehatan dengan mengajak para ibu-ibu pengajian dan PKK untuk memberikan ASI Ekslusif bagi para putra dan putrinya.

Baca Juga :   697 Siswa TK dan PAUD 3 Kecamatan Manasik Haji

“Ini salah satu upaya TP PKK dalam mensukseskan program Pemkab OKI. Dan kita tidak henti-hentinya terus mensosialisasikan kepada para ibu-ibu untuk memberikan ASI Ekslusif, karena ASI Ekslusif sangat penting bagi pertumbuhan putra dan putri penerus bangsa,”cetusnya.

Kadinkes OKI HM Lubis SKM MKes didampingi Sekretaris Dinkes Iwan Setiawan SKM menambahkan, tujuan Germas yakni menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik kematian maupun kecacatan, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

“Prinsip Germas yaitu kerjasama multisektor, keseimbangan masyarakat, keluarga dan individu, pemberdayaan masyarakat, penguatan sistem kesehatan, pendekatan siklus hidup, jaminan kesehatan nasional dan berfokus pada pemerataan layanan,”rincinya.

Baca Juga :   Hari ke 3 Ops Zebra Musi 2018, 107 Pelanggar Terjaring Razia Sat Lantas Polres Banyuasin

Gerakan ini dimulai dengan 3 fokus kegiatan yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM).

Penceramah Ustadzah Sabaroh SQ Al Hafidzah dan Ustadz Raden Ahmad Afandi SPSi juga turut mengajak masyarakat di Bumi Bende Seguguk untuk berprilaku hidup sehat dan memberikan pemahaman mengenai pentingnya ASI bagi pertumbuhan Balita. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dua Desa di Muba Dilanda Bencana Banjir

Palembang, KoranSN Dua desa di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terendam banjir akibat hujan dengan intesitas …