Lapas Kayuagung Over Kapasitas









Kakanwil Kemenkum HAM Sumsel saat mengunjungi Lapas Kayuagung, beberapa waktu lalu. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Banyak faktor yang menyebabkan kian banyaknya orang melakukan tindak pidana kejahatan. Dampaknya, lembaga pemasyarakat (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan) dimanapun menjadi over kapasitas.

Seperti di Lapas Klas III Kayuagung. Saat ini Napi dan tahanan yang disebut menjadi warga binaan jumlahnya over kapasitas, kondisi ini membuat setiap blok yang dihuni warga binaan menjadi penuh sesak.

Kepala Lapas Klas III Kayuagung, Hartaya BCIP kemarin merincikan, jumlah warga binaan di tempatnya mencapai angka 676 orang. Padahal, kapasitas Lapas hanya untuk menampung 350 orang saja. Namun pihaknya terus berusaha menjaga agar setiap blok tahanan tetap kondusif.

Baca Juga :   Lubuklinggau Jadi Tuan Rumah STQH VI Tingkat Provinsi Sumsel

“Misalnya, setiap hari Napi yang bebas atau keluar tahanan 1 orang, tapi yang masuk justru 2 bahkan 3 orang. Namun seperti ini bukan hanya terjadi di sini tapi hampir di seluruh Lapas dan Rutan,” terang Hartaya sembari menambahkan jika kekondusifan Lapas Kayuagung juga berkat koordinasi yang baik dengan Kodim dan Polres.

Masih dikatakannya, personil Lapasnya saat ini berjumlah 40 orang yang setiap hari bekerja melebihi jam kerja yang ditetapkan. Ini sebagai upaya mereka memberikan pembinaan dan pelatihan kepada Napi. Tujuannya agar Napi menyadari kesalahan dan kedepan tidak mengulangi perbuatan kriminal.

Baca Juga :   Lomba Suami Hias Istri Apresiasi Perempuan Indonesia

Sebelumnya, Sudirman D Hury selaku Kakanwil Kemenkum dan HAM Sumsel memaparkan, jumlah Napi di semua Lapas dan Rutan di Sumsel mengalami over kapasitas hingga 156 persen. Jumlah keseluruhan Napi di provinsi ini lebih dari 12 ribu, namun daya tampung Lapas dan Rutan hanya 6 258 orang. (iso)











Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Yopi Karim Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

Lubuklinggau, KoranSN Menyambut hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Bakal Calon Walikota Lubuklinggau …

error: Content is protected !!