Layanan Kurban Berbasis Digital Penting Diadaptasi di Masa Pandemi





Penjual hewan kurban memperlihatkan sistem pembayaran daring dengan kode Quick Respons (QR) yang diterapkan di lapak hewan kurban miliknya di Sawojajar, Malang, Jawa Timur, Sabtu (25/7/2020). Selain menerapkan pembayaran secara daring, penjual hewan kurban setempat juga memasarkan jualannya di pasar digital dan jejaring sosial guna mencegah penyebaran COVID-19. (Foto/Antara).

 

Jakarta, KoranSN

Ketua Yayasan Pengurus Dompet Dhuafa, Nasyith Majidi, mengatakan pentingnya menyediakan layanan berbasis digital untuk memenuhi pola perilaku pasar yang berubah dari ranah luring (offline) ke ruang daring (online) di masa pandemi COVID-19, yang membatasi ruang gerak fisik masyarakat.

Baca Juga :   TSMC Siapkan Chip Berukuran 3 Nanometer

“Dalam situasi pandemi yang belum selesai kapan ujungnya ini, kami kemudian fokus ke digitalisasi. Sebelumnya, kami hanya antisipasi tren kedepan bahwa semuanya akan melalui sosial media dan digital. Kami tidak menyangka ketika pandemi banyak masyarakat yang lebih memilih kesluruhan transaksi secara digital,” kata Nasyith dalam bincang daring, Selasa (13/7/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan, terjadi tren yang menarik terkait aktivitas kurban di ruang digital Dompet Dhuafa. Nasyith memaparkan, sepanjang 2019-2020 tercatat peningkatan partisipasi masyarakat untuk berkurban melalui layanan digital Dompet Dhuafa sebesar 50,66 persen.

Baca Juga :   Bezos Bersedia Tutup Biaya NASA Rp29 Triliun untuk Misi ke Bulan

“Saya menduga ini adalah efek pandemi yang di tahun 2020 mungkin belum dirasakan sedalam di tahun keduanya. Untuk 2021, saya belum bisa prediksi untuk terlalu optimis, karena kemampuan ekonomi (masyarakat) berkurang, dan ekonomi makro kita terdampak luar biasa,” ujar Nasyith. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kurang Mikronutrien Bisa Sebabkan “Hidden Hunger”

Jakarta, KoranSN Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik dr Cut Nurul Hafifah, Sp.A(K) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!