Lemak Tetap Dibutuhkan Walau Seseorang Sedang Diet





Ilustrasi buah alpukat sebagai salah satu sumber lemak baik. (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Pakar gizi klinik dr Juwalita Surapsari, Sp.GK mengatakan seseorang tetap membutuhkan lemak sekalipun sedang menjalani diet atau pengaturan pola makan yang lebih sehat.

“Kalau kita diet, kita tidak pakai lemak sama sekali itu salah. Tetap konsumsi lemak, tetapi pilihlah lemak-lemak yang baik supaya semua kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi,” ujar dia dalam acara tentang tren makanan kekinian yang sehat di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga :   Pasien COVID-19 Gejala Ringan Perlu Tetap Berolahraga, Tapi Ada Syarat

Sumber lemak baik bisa didapatkan dari ikan seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna, atau alpukat, biji-bijian dan telur, menurut WebMD.

Juwalita mengatakan, lemak merupakan salah satu komponen dalam pemenuhan gizi seimbang dan ini perlu dicukupkan jumlah dalam setiap menu makan. Selain lemak, demi mendapatkan gizi yang seimbang, seseorang juga perlu mengonsumsi sayur dan buah, kemudian sumber karbohidrat dan protein.

Bagi yang sedang menerapkan diet sehat, dia menyarankan untuk mengutamakan sumber pangan lokal yang ada di sekitar. Pangan sumber karbohidrat misalnya tak melulu nasi, tetapi juga bisa singkong dan bahan pangan lokal lainnya yang memiliki nilai nutrisi lebih banyak. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Tomohon level Satu Asesmen Situasi Pandemi COVID-19





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

BPJS Kesehatan Palembang: Kenaikan Tarif Yankes tak Pengaruhi Iuran

Palembang, KoranSN Pimpinan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Palembang, Sumatera Selatan, menyatakan kenaikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!