Lewat Tulisan, Dua Mahasiswa di PALI Akan Keliling Eropa

Ketua DPRD PALI saat memberikan hadiah kepada juara pertama. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Andika (21) dan Giog Rahmatullah (19), dua mahasiswa di Kabupaten PALI berhasil memenangkan hadiah utama keliling Benua Eropa setelah menjadi juara satu dan dua dalam lomba menulis Essay dengan tema ‘Andai Aku Jadi Bupati PALI’.

Lomba menulis Essay itu sendiri merupakan keinginan dari Bupati PALI, H Heri Amalindo untuk menangkap ide dan gagasan dari seluruh elemen masyarakat, termasuk salah satunya dari para pelajar demi perkembangan dan pembangunan Kabupaten PALI.

Kepala SMA Negeri 2 Unggulan, Irwansyah yang merupakan panitia pelaksana dari kegiatan itu menyebutkan, sebanyak 113 para pelajar asal kabupaten PALI mengikuti lomba yang dimulai sejak tanggal 25 Desember 2017 itu.

“Lomba ini murni ide dari Pak Bupati. Kegiatan dimulai 25 Desember 2017, dimulai dari sosialisasi dan pengumuman ke kampus dan media massa didapatilah 113 peserta, setelah itu tulisan-tulisan dari para peserta dinilai dan terpilihlah 20 besar yang tampil pada hari ini (Sabtu, 17/2/2018). Sebelumnya juga, 20 besar tadi mengikuti karantina di mess PT Suryabumi Agrolanggeng,” ungkap Irwansyah.

Ia juga mengatakan, untuk tim penilai sendiri didatangkan dari berbagai profesi, seperti ada juga jurnalis senior dan dari balai bahasa Pemprov Sumsel. “Dari karya tulis yang anak-anak buat juga akan menjadi ide untuk pembangunan di kabupaten PALI,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten PALI, Soemarjono mengaku mengapreasiasi ide dan gagasan dari pak bupati yang menggelar lomba menulis essay bagi para pelajar.

“Memberikan apresiasi tinggi kepada pak Bupati. Karena dengan seperti ini, dapat meningkatkan minat menulis untuk para pelajar dan berharap bersama, karya tulis mereka benar-benar bisa menjadi diimplementasikan menjadi kebijakan bupati dalam membangun kabupaten PALI,” terang politisi PDI Perjuangan itu.

Baca Juga :   Kapolres Banyuasin: Jalintim Siap Dilalui Pemudik

Ditempat yang sama, Kamriadi kepala Dinas Pendidikan Kabupaten PALI menjelaskan lomba menulis essay itu merupakan pengembangan kreativitas siswa dalam bidang menulis.

“Ini lomba yang positif, sehingga anak-anak dapat meninggalkan kegiatan negatif. Ke depan, akan kita tingkatkan lagi lomba ini, tidak hanya bagi pelajar dan mahasiswa, tapi juga bagi masyarakat,” ujarnya.

Andika (21) pemenang juara satu lomba menulis essay menerangkan bahwa ide dan alasan dirinya ikut lomba tersebut karena berawal dari keresahan dan kegelisahan mahasiswa semester 10 Fakultas Fisip Universitas Sriwijaya itu di tempat tinggalnya di Dusun 1 Desa Suka Damai.

“Dalam tulisan saya, saya mengambil tema tentang pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesehjateraan ekonomi dan masyarakat. Yang utamanya yaitu pemberdayaan infrastruktur. Tentu, saya berharap tulisan ini benar-benar diimplementasikan dalam pembangunan di kabupaten PALI,” tukasnya. (ans)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkab OKI Targetkan Indeks Pembangunan Statistik Meningkat

Kayuagung, KoranSN Pemerintah Kabupaten OKI menargetkan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) di wilayah ini meningkat. Upaya …

error: Content is protected !!