Libur Akhir Tahun, Simak Kiat Berkendara Jarak Jauh Saat Musim Hujan









Ilustrasi kendaraan menjelajahi medan jalan setapak.(Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Masa libur akhir tahun sudah di depan mata, bagi pengendara yang merencanakan perjalanan darat jarak jauh, maka penting untuk memeriksa dan menyiapkan kendaraan dengan cermat sebelum berangkat.

Berkendara jarak jauh pada musim hujan memerlukan persiapan khusus karena kondisi jalan menjadi licin, timbul genangan air, dan membuat jarak pandang pengendara terbatas.

Musim hujan memberikan sejumlah tantangan berkendara, seperti kurangnya daya cengkeram ban, jarak pengereman bertambah, visibilitas terbatas, hingga hydroplaning (kondisi ban tergelincir dan tidak merespons kemudi, pengereman, atau akselerasi). Oleh karena itu, memilih jenis ban yang tepat untuk performa di medan basah menjadi faktor penting dalam keselamatan berkendara.

Baca Juga :   Strategi Unik Inggris Bantu Warganya Berhenti Merokok

Berikut sejumlah kiat penting berkendara jarak jauh pada musim hujan yang dibagikan oleh Michelin Indonesia, Selasa (19/12/2023).

1. Kurangi kecepatan

Ini adalah hal utama yang harus diingat dan diterapkan pengemudi saat berkendara di tengah hujan, terutama saat hujan lebat. Antisipasi akan jauh lebih mudah dilakukan ketika berkendara dengan hati-hati dengan mengurangi kecepatan.

“Jalan basah mengurangi daya cengkeram ban dan memperpanjang jarak pengereman. Untuk itu, memilih jenis ban dengan daya cengkeram optimal pada medan basah dan dilengkapi fitur pengereman pendek sangat direkomendasikan,” kata Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia M. Fachrul Rozi. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Mitsubishi Ungkap 7 Fitur Xforce Dukung Perjalanan Mudik Lebaran

Jakarta, KoranSN PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai agen pemegang merek kendaraan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!