Lindungi Aset Tanaman, Perda Tebang Pohon Bakal Diajukan









Pembuatan taman median jalan. (foto/Dok)
Pembuatan taman median jalan. (foto/Dok)

Palembang, SN

Untuk melindungi aset tanaman berupa pohon besar dan lain sebagainya, maka Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang bakal mengajukan Peraturan Daerah (Perda) khusus mengatur hal tersebut.

“Selama ini belum ada perda khusus untuk penindakan dan hanya mengacu pada perda tentang mengganggu ketertiban dan ketentraman masyarakat,” kata Kepala Dinas Penerangan Jalan Pertamanan dan Pemakaman (DJJPP) Kota Palembang, Alex Ferdinandus, kemarin.

Dijelaskannya, perda khusus ini sangat penting, karena tanaman berguna bagi kelangsungan hidup dan penghijauan kota. Ditambah lagi pembangunannya dengan uang rakyat. Sejauh ini, kesadaran masyarakat belum begitu baik, terkadang untuk sebuah kepentingan pribadi masih ada yang dengan sengaja menebang pohon tanpa sepengetahuan pemerintah. Padahal yang dirugikan  masyarakat, karena uang yang digunakan untuk menanam pohon ini banyak bersumber dari anggaran daerah.

Baca Juga :   Peringati Hari Kelahiran Pancasila, Fitri: Jangan Lupakan Jasa Pahlawan

“Karena itu, dengan adanya perda ini maka pelaku tersebut dapat dikenakan sanksi khusus sesuai pelanggarannya,” terangnya.

Selain pengajuan perda khusus ini, sambung Alex, pihaknya juga akan memaksimalkan stakeholder untuk menggelontorkan dana corporate social responsibility (CSR) serta akan mendorong masyarakat untuk menghijaukan lingkungan sendiri. Bahkan rencana ke depan persyaratan izin usaha diwajibkan tentang hal ini.

“Dalam waktu dekat semua ini akan dibahas, bahkan rencananya ke depan setiap ruko berkewajiban untuk menghijaukan lingkungan mereka sendiri,” tandasnya. (wik)

Publisher : awik obsesi

Lihat Juga

Kadivpas Kemenkumham Sumsel Pastikan Layanan Kunjungan Idul Fitri di Sumsel Berjalan Lancar

Palembang, KoranSN Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Mulyadi melakukan monitoring pelaksanaan layanan kunjungan Idul …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!