Lomba Adzan Meriahkan HUT RI ke-73 di Cereme Taba Lubuklinggau





Salah seorang lomba azan menunjukan kebolehannyo. (Foto-Rifat/KoranSN)

Lubuklinggau, KoranSN

Banyak rangkaian lomba digelar masyarakat dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73. Tak terkecuali, masyarakat di tingkat Rukun Tetangga (RT), yang juga menggelar sejumlah rangkaian kegiatan.

Salah satunya di Lubuklinggau terdapat warga di dua RT, yakni; RT 06 dan RT 09 menggelar rangkaian lomba yang kali ini bernuansa agama yakni lomba baca Al-Quran Surat Pendek dan Lomba Adzan. Lomba itu diikuti anak-anak setingkat Sekolah Dasar (SD) di lingkungan Jalan Karya II. Dimana panggung perlombaan ini difokuskan di Jalan Karya, RT 09, Kelurahan Cereme Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timur II.

“Lomba hafalan ayat-ayat pendek pilihannya Surat An-nas, Alfateha, Alfala dan Al Ikhlas,” kata Rifat Achmad selaku Ketua RT 09 Kelurahan Cerema Taba Kecamatan Lubuklinggau Timu II.

Baca Juga :   DPRD OI Berharap Prestasi Mulia Ini Lanjut Tingkat Provinsi

Dalam lomba hafalan ayat pendek, setiap peserta harus mengambil kertas untuk memilih hafalan yang akan dibacakan. Kemudian mereka maju dan dinilai tim juri berjumlah tiga orang yang terdiri dari; tokoh agama, guru ngaji dan tokoh pemuda.

“Penilaian lebih kepada mental, proses pembelajaran. Kalau salah, tim juri memberikan ajaran,” bebernya.

Khusus Lomba Adzan, diikuti tujuh anak laki-laki yang juga masih usia sekolah tingkat SD. Mereka satu persatu mengumandangkan Adzan dihadapan tim penilai atau dewan juri dengan mengenakan pakaian muslim koko dipadu kopiah atau peci.

“Lewat Lomba Adzan ini sekaligus untuk regenerasi,” ungkapnya.

Kata Rifat, regenarasi petugas Adzan di Mushola atau Masjid di lingkungan warganya memang masih minim.

“Jadi mereka sudah dibina sejak usia dini. Mereka nanti juga di didik jadi bilan. Mereka bisa kesana,” timpalnya.

Baca Juga :   Jalanan di Lahat Lengang Truk Batubara

Selain itu, rangkaian kegiatan lomba yang bernuansa Agama dipilih untuk memotivasi anak-anak agar mencintai tempat ibadah, serta diharapkan mereka memakmurkan Masjid atau Mushola.

“Khusus untuk juara Lomba Adzan, selain akan mendapatkan piagam dan hadiah, mereka juga akan mendapat bonus khusus dari Ketua RT dengan catatan secara rutin tampil mengumandangkan Azan di Musholah Al-Ikhlas RT 09 Sholat Magrib, Isak dan Subuh . Bonus khusus ini akan disisikan dari Insentif Ketua RT yang diterima tri wulan,” ujarnya. (rif)





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kajati Sumsel Sarjono Turin Kunker ke Kejari Lubuklinggau

Lubuklinggau, KoranSN Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Selatan (Sumsel), Sarjono Turin SH MH melakukan kunjungan …

error: Content is protected !!