Longsor Nyaris Robohkan Rumah Warga Agung Lawangan

Ilustrasi (Foto-Net)

Pagaralam, KoranSN

Curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor sepanjang lebih kurang 25 meter dengan ketinggian 8 meter, nyaris merobohkan rumah Sarmin (45) warga Dusun Gunung agung lama RT 14 RW 04 Kelurahan agung lawangan Kecamatan Dempo utara Kota Pagaralam, Jumat (13/10/2017).

Menurut Sarmin, longsor terjadi lantaran hujan yang turun tanpa henti beberapa hari terakhir ini.

“Longsor terjadi pada malam Jumat, saat itu hujan turun sepanjang malam cukup deras, hingga akhirnya menyebabkan dinding tanah di samping rumah saya longsor. Saya berharap kepada pihak pemerintah agar memperhatikan keadaan kami sekarang ini,” ujar bapak dari tiga anak ini.

Baca Juga :   MCK Dan Wahana Bermain Jadi Prioritas Dana Desa 2018

Sementara Ketua RW 04 Agung Lawangan, Kamhar mengakui bahwa longsor yang menimpa rumah Sarmin berada di wilayahnya.

“Sangat membahayakan apalagi nyaris merobohkan rumah warga, kalau tidak segera dibangun bisa saja dalam hitungan hari merobohkan rumah Sarmin. Saat ini keadaan tanah disisi bekas longsor sudah retak dan sangat labil, harus segera ada tindakan,” jelas Kamhar.

Ditambahkan Kamhar, rumah yang didiami keluarga Sarmin saat ini merupakan rumah bantuan dari Kementrian Sosial tahun 2016 yang lalu.

“Rumah itu merupakan bantuan pemerintah tahun 2016 dan tanahnya juga hasil dari swasembada dari masyarakat RT 14 RW 04. Kami mengharapkan agar pemerintah memperhatikan dan menindak lanjuti keadaan ini. Sebab, besar kemungkinan jika curah hujan terus tinggi dalam hitungan hari rumah tersebut akan roboh,” harapnya.

Baca Juga :   DPMD-P3A Serahkan Aplikasi Siskeudes

Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi S.Sos mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan dan pendataan dearah longsor untuk dilakukan penanggulangan, termasuk membangun turab atau tembok.

“Kita sudah data lokasi longsor dan akan segera dilakukan penanggulangan agar jangan sampai menimbulkan korban,” ungkap dia. (asn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Owner Produk Olahan di OKUS Terima Dana Pembinaan

Muaradua, KoranSN Pemerintah Daerah OKU Selatan hadir memberikan dorongan semangat, sekaligus dana pembinaan terhadap kreativitas …