LPSE Dituntut Cepat, Mudah dan Akuntabel

PEMBUKAAN – Bupati buka Rakor LPSE di Graha Sedulang Setudung, Senin (17/4/2017). (foto-siryanto/koransn)

Banyuasin, KoranSN

Direktur Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik Pusat, Gatot Prambudhi mengatakan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dituntut cepat, mudah dan tetap akuntabel.

Menurutnya, sesuai amanat Presiden RI, LPSE harus menyelenggarakan urusan pengadaan barang dan jasa pemerintah secara cepat, mudah juga tetap menjaga akuntabilitas, sehingga peran LPSE sangat strategis.

“Kendati demikian pengadaan barang dan jasa milik pemerintah bisa saja dilakukan melalui proses E-Katalog (Elektronik katalog),” katanya saat diwawancarai di Graha Sedulang Setudung usai membuka Rakorda LPSE se-Sumsel, Senin (17/4/2017).

Dikatakannya, E-Katalog pada tingkat nasional sudah dilakukan, salah satunya Kabupaten Banyuasin tahun lalu pernah memperoleh sejumlah proyek yang menggunakan sistem E-Katalog pusat.

Baca Juga :   Rapat dengan PT MAS, Pemkab Muratara Bahas Izin dan Perluasan Perkebunan Tebu

“Yang sudah menerapkan E-Katalog Daerah adalah DKI Jakarta, Kota Semarang, Gorontalo, belasan daerah sedang percontohan proyek E-Katalog daerah,” ujar Gatot.

Menurut Gatot Parambudhi, sistem E-Katalog daerah nanti bisa memberikan kepada penyedia (barang dan jasa) lokal untuk bisa berpartisipasi dalam proses sistem E-Katalog daerah.

Kepala Dinas Kominfo Sumsel Iskandar Mirza, mengatakan adanya LPSE untuk meningkatkan persaingan secara sehat, percepatan proses monitoring, dan peningkatan pasar.

“Kami harapkan ini akan menjadi acuan yang  efisien, efektif dan akuntabel sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Baca Juga :   Proyek Drainase Dipindahkan, Warga Lapor ke Bupati Mura

Terpisah, Plt Kadis Kominfo Banyuasin Erwin Ibrahim mengatakan penerapan LPSE adalah upaya Kabupaten Banyuasin untuk memangkas birokrasi yang selama di tuding tidak profesional dan akuntabel.

“Mudah-mudahan apa yang kita harapkan kedepannya dapat lebih baik dan LPSE kita dapat menjadi LPSE skala nasional,” pungkasnya. (sir)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Tuntaskan Pembangunan Jembatan Ogan IV yang Sempat Mangkrak

Baturaja, KoranSN Komitmen Gubernur Sumsel H Herman Deru untuk menyelesaikan sejumlah proyek fisik yang tak …