Maju Pilgub Sumsel, Dodi Cukup Cuti Sementara



Dodi Reza Alex Noerdin. (foto-dok/ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2018 mendatang, akan didominasi nama-nama yang berkompeten dalam bidangnya, seperti mantan bupati maupun yang sekarang menjabat sebagai bupati di daerahnya. Dari hasil survey, nama Herman Deru, Ishak Mekki, Dodi Reza Alex dan Aswari Rivai menjadi yang tertinggi.

Meskipun demikian, khusus Dodi Reza Alex untuk maju sebagai calon Gubernur Sumsel tahun 2018 mendatang, tidak perlu mundur permanen dari jabatannya sebagai Bupati Muba yang sekarang. Cukup hanya dengan mengambil cuti sementara.

Hal ini lantaran sudah diatur dalam undang-undang, bahwa yang menjabat bupati tidak perlu mundur secara permanen apabila ingin mencalonkan diri menjadi pemimpin, asalkan di provinsi yang sama.

Demikian dikatakan Pengamat Politik dari Universitas Sriwijaya, DR Febrian saat dikonfirmasi Suara Nusantara, Minggu (19/10/2017).

Baca Juga :   Harnojoyo Enggan Tanggapi Sikap Oposisi PDIP

Menurutnya, gambaran secara umum dari bakal Calongub Sumsel saat ini, peluang memenangkan Pilkada sama-sama tinggi dari para calon. Untuk itu, artinya masing-masing kandidat harus memilki strategi maupun amunisi yang canggih agar bisa mendongkrak elektabilitas. Namun, untuk Dodi Reza Alex pada Pilkada kali ini elektabilitasnya sangat tinggi.

Kalau dilihat dari berbagai faktor, lanjutnya, Dodi lebih diuntungkan, misalnya dari segi putra kandung Gubernur Sumsel saat ini. Kemudian memiliki pengalaman birokrasi pemerintahan serta diusia yang bisa dikatakan calon pemimpin muda.

“Untuk memenangkan Pilkada, Dodi juga harus menyiapkan banyak amunisi karena seperti akan menghadapi pertempuran. Program yang baik serta pelaksanaan secara maksimal. Jadi, perluannya akan terbuka lebar dan lebih dominan untuk menjadi pemimpin selanjutnya,” ungkap DR Febrian.

Baca Juga :   Museum SMB II Palembang Kotor, Bau dan Tak Terawat, Pengunjung yang Datang Terbengkalai

Dikataknnya, pertarungan pada Pilgub Sumsel tahun 2018 mendatang diperkirakan akan berlangsung sangat ketat bagi para calon. Dimana, untuk mensiasati hal tersebut, dari bakal kandidat harus menyiapkan program yang tepat hingga bisa dijadikan faktor penentu.

“Dengan waktu yang singkat ini, bakal calon sepertinya akan bersaing ketat untuk mendapatkan simpati dari masyarakat, karena seperti kita ketahui wilayah Sumsel sangat luas. Jadi, memang benar-benar harus mempersiapkan sesuatu yang waw dan canggih,” tuntasnya. (rgn)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kapolda Sumsel Berikan Bantuan Sembako Kepada Warga Isoman

Palembang, KoranSN Dalam kegiatan bakti sosial (Baksos), Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri …