Makanan Kedaluwarsa Ditemukan di Minimarket dan Swalayan di Grobogan

Razia makanan kedaluwarsa di Grobogan. (foto-net/detiknews.com)

Grobogan, KoranSN

Sejumlah produk makanan tidak sesuai standar dan tidak layak konsumsi ditemukan di sejumlah pusat perbelanjaan dan minimarket di Grobogan. Produk makanan tersebut di antaranya makanan biskuit, susu, dan lainnya.

Makanan-makanan tersebut ditemukan petugas dari Polsek Klambu, petugas puskesmas, Satpol PP, dan Koramil, saat melakukan monitoring produk pangan di sejumlah pusat perbelanjaan dan minimarket.

Di sejumlah tempat, petugas menemukan produk makanan, susu, kosmetik kedaluwarsa. Bahkan ada yang kedaluwarsa sudah 3 tahun.

“Kegiatan operasi ini dilaksanakan menyambut Natal dan Tahun Baru, untuk meciptakan masyarakat berbelanja makan agar tidak terganggu makanan yang kedaluwarsa. Hasil yang didapat makanan anak-anak kedaluwarsa,” terang Kapolsek Klambu AKP, Asep di sela proses razia, Rabu (13/12/2017).

Dia mengatakan operasi ini untuk memastikan keamanan pangan yang akan dikonsumsi masyarakat khususnya pada Natal dan tahun baru nanti. Hasil temuan tersebut, akan ditindaklanjuti terhadap pemilik swalayan.

Pemilk yang kedapatan menjual barang kedaluwarsa tersebut diberi peringatan oleh petugas dan barangnya disita untuk tidak menjual barang yang kedaluarsa. Sebab makanan atau minuman yang kedaluarsa sangat berbahaya bagi yang mongkonsumsinya.

Dijelaskan prodak makanan yang ditemukan tersebut jika dikonsumsi sangat berbahaya lantaran sudah kadaluwarsa. Bahkan sudah ada makanan yang terlihat menjamur.

Baca Juga :   Kebakaran Krukut, 2.400 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

“Kan, berbahaya jika dikonsumsi anak-anak. Kalau terkena otak sangat berbahaya belajarnya akan terganggu,” tambahnya.

Petugas Bidang Gizi dari Puskesmas Klambu Khoirunnita menambahkan, hasil dari razia tersebut didapatkan makanan dan kosmetik yang kedaluwarsa.

“Harapannya untuk pembeli jadi pembeli yang cerdas terus. Penjual jangan menjual yang kedaluwarsa,” katanya. (detik.com)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Wapres Tekankan Pentingnya Kerja Sama Sosial Budaya RI-Selandia Baru

Wellington, Selandia Baru, KoranSN Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan perlunya Indonesia dan Selandia Baru saling …

error: Content is protected !!