Maksimalkan Gotong Royong, Pemkot Berencana Beli Ampibi



Harnojoyo.
Harnojoyo.

Palembang, KoranSN

Guna memaksimalkan kegiatan gotong royong yang telah rutin dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang setiap hari Minggu pagi. Pemkot berencana akan membeli alat berat Ampibi di tahun 2017 mendatang.

Demikian diungkapkan oleh Walikota Palembang, Harnojoyo, Senin (14/11/2016).

Harno mengungkapkan, alat berat ini dinilai perlu, mengingat kondisi sungai dengan sampah, cukup menyulitkan petugas melakukan pengerukan. Untuk itu, pemkot akan telah berencana memasukan anggaran pembelian alat berat ini ditahun mendatang.
“Dengan alat itu nanti, diharapkan dapat menjadi solusi dalam pengerukan sampah di sungai-sungai yang ada, sehingga nanti alat tersebut yang bekerja untuk melakukan pengerukan sungai saat gotong royong,” terangnya.

Baca Juga :   Jembatan Ampera "Menghilang" Ditelan Asap Tebal (foto)

Dia menerangkan, dengan adanya alat jenis Ampibi ini, sampah yang sudah mengendap puluhan tahun bersama sedimen lumpur hingga menyebabkan pendangkalan kali, dapat diangkut dengan optimal.

“Selama ini banyak sampah di kali yang sudah bergabung sama lumpur sampai puluhan tahun. Itu salah satu faktor yang menyebabkan pendangkalan disetiap sungai yang ada di Palembang,” tuturnya.

Selain itu, menurut Harno, bukan hanya sungai-sungai premier yang akan dilakukan pengerjaannya dengan alat Ampibi ini, sungai-sungai tersier juga akan terjangkau. “Jadi, pengadaan alatnya ini masih indeen, kita tunggu saja nanti,” imbuhnya.

Baca Juga :   Ratu Dewa Jadi Tamu Kehormatan di Muswil Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam

Harno menambahkan, Hal ini juga berkaitan untuk mengurangi jumlah genangan air yang ada di Palembang. Dimana diketahui, 54 persen dari wilayah Palembang merupakan rawa. “Demi mengurangi jumlah titik banjir yang ada, dan menyiapkan Palembang yang lebih baik kedepannya,” tandasnya. (tya)

Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Rakor Penyerapan Anggaran Penanganan Covid-19, Polda Sumsel Siap Lakukan Pengawasan

Palembang, KoranSN Polda Sumsel siap melakukan pengawasan terkait penggunaan anggaran Covid-19. Hal tersebut terungkap saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.