Maksimalkan Kinerja, Damkar Akan Tambah Pos dan Mobil

Walikota Palembang Harnojoyo saat bertindak sebagai inspektur dalam upacara HUT pemadam kebakaran yang ke 97. (foto/Rika Agustya)
Walikota Palembang Harnojoyo saat bertindak sebagai inspektur upacara HUT Pemadam Kebakaran ke-97. (foto/Rika Agustya)

Palembang, KoranSN

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Palembang, Edison mengatakan, demi meningkatkan serta memaksimalkan kinerja petugas damkar. Pihaknya akan menambah jumlah pos damkar serta mobil. Hal ini juga di lakukan demi mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Terkait sarana dan parasana, jumlah keseluruhan Mobil Damkar yang ada sekarang ini sekitar 27 unit meliputi 21 mobil damkar, dua mobil pompa dan dua mobil resque dan rencananya akan dilakukan penambahan, karena Ideal angka untuk Kota Palembang yakni 35 unit mobil yang tersebar di 10 kecamatan di Kota Palembang,” ungkapnya, usai menggelar acara Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar yang ke 97 di halaman Venue Lapangan Tembak Komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Selasa (29/3/2016).

Untuk jumlah pos sendiri, lanjut Edison, dari tujuh pos yang sudah ada saat ini pihaknya akan menambah satu pos lagi di kecamatan kemuning tepatnya didepan Palembang Trade Center (PTC).

“Kemungkinan tahun depan akan ditambah lagi dua pos di Ilir Timur (IT) II dan Ilir Barat (IB) I, Kota Palembang, idealnya Palembang memiliki 12 pos mengingat kondisi jalan yang sekarang agak sulit untuk memenuhi titik Time 15 menit di TKP, jadi kita harus banyak melakukan penyebaran pos,” ujarnya.

Baca Juga :   FKM Unsri Pacu Mahasiswa Berpikir Kritis

Sejak awal tahun 2016, tambah Edison, sudah ada 12 kejadian kebakaran sampai bulan Maret. Dan pada tahun 2015 lalu ada 261 kejadian kebakaran baik itu lahan maupun pemukiman.

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena adanya kendala dalam menangani kebakaran, antara lain, warga panik, memperebutkan alat, dan jalan yang macet. Pihaknya akan selalu meningkatkan kwalitas dari pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam hal masalah kebakaran.

“Kita akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat karena kerja kita kan sifatnya sosial yakni membantu orang yang kesusahan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya berharap seluruh masyarakat dan instansi terkait dapat memperhatikan berbagai permasalahan yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Sehingga jumlah kebakaran dapat menurun. “Perhatikan kondisi sekitar terutama yang dapat menimbulkan kebakaran,” tukasnya.

Baca Juga :   Karutan Pakjo Kesulitan Atasi Penyelundupan Handphone

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo, menerangkan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) sedang mengusulkan Mobil Tangga ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) maupun Pemerintah Pusat agar lebih membantu kinerja dari Dinas PBK untuk menangguli hal hal yang tidak diinginkan.

“Kita sedang menyusulkan penambahan mobil tangga, mengingat mobil tangga yang ada di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palembang hanya 30 meter sedangkan bangunan di Palembang sudah ada yang mencapai 60 meter mudah-mudahan ini segera dipenuhi untuk melengkapi sarana dan prasarana dari Dinas Pemadam Kebakaran,” imbuhnya. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

496 ASN dan Non ASN Pemkot Palembang Kantongi Id Card e- Money

Palembang, KoranSN Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam penerapan gerakan uang non tunai, bukan isapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.