Masyarakat Kelola Sampah Mandiri

Sosialisasi dalam rangka pengelolaan sampah berbasis masyarakat. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar sosialisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat desa yang dilangsungkan di ruang Pangripta Nusantaa Bappeda Muara Enim, Selasa (27/11/2018) sekitar pukul 08.30 wib.

“Keberhasilan program ini akan sangat bermanfaat untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat serta pengelolaan sampah yang baik dapat mencegah berbagai penyakit,”kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Muara Enim Amrullah D, SH di depan peserta sosialisasi yang terdiri dari kepala desa dalam kabupaten Muara Enim.

Untuk itu persoalan sampah bukanlah tanggung jawab pemerintah saja lanjut Amrullah, akan tetapi tanggung jawab masyarakat juga sangat diperlukan. Sesuai dengan Undang undang no 18/2008 tentang sampah bahwa masyarakat mempunyai tanggung jawab terhadap sampah nya sendiri.

Baca Juga :   Pembangunan Puskesmas Buat Pjs Wako Prabumulih Geram, Segera Koordinasi dengan BPK RI

Dikatakan Amrullah untuk penanganan persoalan sampah harus dilakukan berbagai terobosan layaknya seperti yang sudah di lakukan di kecamatan Lawang Kidul dan Muara Enim. Dimana di kedua kecamatan itu berhasil melakukan terobosan penanganan sampah yang melibatkan masyarakat setempat.

“Melalui sosialisasi ini kita minta agar Dinas Lingkungan Hidup bersama kecamatan dan desa agar dapat membuat kesepakatan guna menanggulangi persoalan sampah dengan membuat kelembagaan yang diatur dalam badan usaha milik desa atau BUMDes,”jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Risman Effendi mendukung Dinas Lingkungan Hidup yang akan melakukan kerjasama dengan desa. Sehingga dalam prakteknya terdapat hubungan yang sinergis dari pengelolaan sampah tersebut.

Baca Juga :   Cari Investor untuk Pantai dan Danau Buatan

“Kita berharap dengan pengelolaan sampah di tingkat desa ini dapat menjadi solusi untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat,”pungkas Risman. (yud)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Nama Dinas KopUKMNakerTras Empat Lawang Dicatut

Empat Lawang, KoranSN Nama Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (KopUKMakerTras) Kabupaten Empat Lawang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.