MEA Ancam Ratusan PHK

ilustrasi-masyarakat_ekonomi_asean_-_pre

Palembang, SN

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang tak lama lagi berlaku di Indonesia mengancam ratusan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan, pasalnya daya saing yang tinggi baik barang maupun Sumber Daya Manusia (SDM) akibatnya perusahaan pun akan mencari SDM yang lebih baik lagi.

“Selain persaingan SDM, akan ada juga persaingan barang. Jika sebuah barang di import lebih baik maka produk lokak pun akan tergerus, akibatnya perusahaan gulung tikar serta karyawan pun akan di PHK,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Palembang, Gunawan, Rabu (7/7).

Karena itu, sambung Gunawan, pihaknya berharap agar SDM di Indonesia lebih berkualitas sehingga tidak kalah bersaing dengan SDM luar. Selain itu, dirinya juga berharap agar masyarakat lebih mencintai produk asli indonesia agar tidak kalah dengan produk luar. “Dengan kualitas dan kecintaan produk maka PHK pun dapat di minimalisir,” terangnya.

Baca Juga :   Babinsa Koramil 406-01/Rawas Ulu Turun ke Sawah Bantu Petani Tanam Padi

Ia menambahkan, menjelang lebaran 1436 H, pihaknya belum mendapatkan laporan PHK sebuah perusahan untuk menghindari pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya. “Saat ini kami baru menerima pengaduan 2 karyawan perusahaan swasta terkait belum dibayarkan THR ini,” tambahnya.

Dirinya menerangkan, pemberiaan THR itu dilakukan paling lambat pada H-7, namun jika diberikan lewat dari batas tersebut jangan dipermasalahkan. Untuk mekanisme pemberian THR sendiri yakni, jika satu tahun bekerja mendapatkan 1 bulan gaji plus tunjangannya, jika kurang dari satu tahun maka jumlah masa kerja dibagi 12 bulan dikali 1 bulan gaji pokok plus tunjangan.

Baca Juga :   Sekda Lantik 14 Pejabat Eselon III dan IV Pemprov Sumsel

“Untuk sanksi berdasarkan aturan akan dikenakan denda sebesar Rp 100 juta sampai 400 juta,” pungkasnya. (wik)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Dialog KPPI Sumsel: Perceraian Meningkat di Masa Pandemi Covid-19

Palembang, KoranSN DPD Kaukus Politik Perempuan Indonesia (KPPI) Provinsi Sumsel menggelar dialog interaktif dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.