Media Tak Kritis Pengaruhi Banyaknya Kasus Korupsi Kepala Daerah

Imam Wahyudi dari Dewan Pers saat memberikan penjelasan tentang kewajiban pers dalam pelaksaaan pemilu. (Foto-Anton/Koransn)

Palembang, KoranSN

Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakkan Etika Pers (PMPEP) Dewan Pers Imam Wahyudi menilai, media yang tak kritis terhadap jalannya pemerintahan di suatu daerah, cenderung membuat kepala daerahnya tersandung kasus korupsi.

Dikatakannya, kecenderungan itu berdasarkan hasil kajian dewan pers di sejumlah daerah yang kepala daerahnya terlibat kasus korupsi.

“Ini kritikan yang kita sampaikan ke media dan ini hasil kajian kita,” kata Imam saat menjadi pembicara pada diskusi bertema “Peran Ideal Media di Pilkada Dalam Perspektif Antikorupsi” yang digelar oleh KPK RI, di Hotel Santika, Senin (9/4/2018).

Baca Juga :   Peduli Syiar Islam, Herman Deru Dapat Apresiasi dari Ketua BWI Pusat

Menurutnya, wartawan sebagai pelaku media, harusnya memberikan pengetahuan kepada masyarakat dan mengingatkan serta mengawasi jalannya pemerintahan.

Ia mengatakan, dalam kaitannya dengan pagelaran pilkada serentak, 27 Juni mendatang, pers harus mampu menjembatani antara peserta pilkada dan pemilih. “Kalau masih ada masyarakat yang bingung, atau bahkan tidak tahu (pilkada,red), kita bisa dikatakan gagal sebagai pers,” ungkapnya.

Tidak hanya menjadi corong, menurut Imam, pers juga harus memberikan pendidikan bagi pemilih. “Dalam artian, pers harus membuat pemilih itu paham hal dan kewajibannya,” pungkasnya.

Baca Juga :   Gerhana Matahari Total, Palembang Paling Ideal

Sementara itu, Kabag Humas dan Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Priharsa Nugraha mengatakan, KPK sengaja menggelar diskusi “Peran Ideal Media di Pilkada Dalam Perspektif Antikorupsi”, dengan harapan mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

“Selain menghadirkan perwakilan dari Dewan Pers, kita juga menghadirkan Djayadi Hanan sebagai Direktur SMRC,” katanya. (awj)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Wakil Ketua DPR: Kesadaran Bersama Kunci Keberhasilan Lawan COVID-19

Jakarta, KoranSN Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menegaskan, bahwa kesadaran bersama merupakan kunci keberhasilan melawan …