Melalui Program P2L, Warga Bukit Lama Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Bercocok Tanam





Anggota DPR RI Hj Renny Astuti SH SpN yang meninjau langsung pelaksanaan program P2L di Kecamatan Bukit Lama, Palembang. (Foto-SN/Ist)

Palembang, KoranSN

Sejumlah warga di Kecamatan Bukti Lama, Kota Palembang memanfaatkan pekarangan rumah mereka untuk bercocok tanam. Kegiatan ini selaras dengan program yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian, yakni program Pekarangan Pangan Lestari (P2L), yang salah satu tujuannya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat khususnya di bidang pangan.

Anggota DPR RI Hj Renny Astuti SH SpN yang meninjau langsung pelaksanaan program P2L di Kecamatan Bukit Lama ini berharap masyarakat dapat manfaatkan perkarangan rumah untuk menanam sayuran-sayuran, dengan itu paling tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga secara mandiri.

“Manfaatnya sangat besar paling tidak untuk memenuhi kebutuhan di rumah kita sendiri,” ungkap Renny saat melakukan kunjungan dapil dengan masyarakat Kecamatan Bukit lama Palembang, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga :   Herman Deru Minta Danlanal Kawal Pengembangan Maspari dan TPI Sungsang

Pada saat pandemi saat ini, kata Politisi Gerindra ini, pemanfaatan lahan pekarangan, benar- benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.

“Ini kan bisa menjaga kebutuhan dan ketahanan pangan keluarga. Kita tinggal petik sayur-sayuran dari pekarangan,” ujar Renny.

Ia mengatakan, P2L dikembangkan dengan tujuan meningkatkan ketersediaan, akses dan pemanfaatan pangan bagi keluarga. Melalui P2L bisa dihasilkan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman, sekaligus untuk peningkatan pendapatan keluarga.

Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan melalui pemberdayaan kelompok masyarakat, yaitu kegiatan budidaya berbagai jenis tanaman dengan memanfaatkan pekarangan di sekitar rumah, atau lahan kosong yang tidak produktif melalui pengembangan rumah bibit, demplot, pertanaman dan pasca panen serta pemasaran.

Baca Juga :   Giliran TP PKK Sumbang APD dan Ribuan Masker ke Pemprov

Dalam kesempatan tersebut Renny secara melakukan dialog dengan masyarakat, hal tersebut untuk mendengarkan langsung keluhan ataupun persoalan masyarakat, yang nantinya akan disampaikan kepada pihak terkait, baik itu di pusat, provinsi maupun pemkab kabupaten kota. (awj)

Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Tokoh Agama Jadi Teladan Pencegahan Covid-19

Palembang, KoranSN Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru terus mengajak para tokoh agama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.