Melihat Instalasi Seni di Tengah Gurun dan Situs Terbesar di Doha



Instalasi karya seni Olafur Elisson “Shadows Travelling on the sea of the day” di gurun Al Zubarah, Doha, Qatar, Selasa (28/11/2023).(Foto-Antara)

Doha, KoranSN

Menikmati sebuah karya instalasi biasanya dilakukan di dalam gedung atau museum. Namun berbeda ceritanya ketika melihat karya seni instalasi di tengah gurun dan bebatuan, seperti karya yang berjudul “Shadows Travelling on The Sea of The Day”, di Doha, Qatar.
Berlokasi di gurun di utara Al Zubarah, instalasi karya seniman Islandia-Denmark Olafur Eliasson mengeksplorasi bagaimana persepsi seseorang tentang dunia dan mempengaruhi hubungannya dengan kenyataan.
Instalasi ini menghadirkan seni pantulan kaca, di mana terdapat puluhan besi setengah lingkaran besar dengan atap kaca. Pengunjung akan bisa melihat sebuah lingkaran utuh jika mendongak ke atas atap kaca.
Terdapat 20 tempat atap kaca melingkar, tiga cincin tunggal dan dua cincin ganda yang membentuk karya seni khusus situs ini sekilas tampak tersebar di lanskap gurun secara acak. Namun, mereka diposisikan menurut sumbu pola simetris lima kali lipat, dengan sepuluh tempat berlindung di tengahnya membentuk pentagram.
Prinsip-prinsip di balik pola-pola tersebut baru-baru ini ditemukan oleh para ahli matematika di Barat meskipun mereka mungkin telah menginformasikan beberapa desain canggih yang ditemukan dalam budaya Islam sejak abad pertengahan.
Bagian bawah atap melingkar ditutupi dengan panel cermin, mencerminkan segmen pipa melengkung yang menopang atap. Hal ini menciptakan ilusi visual pipa-pipa yang berlipat ganda menjadi cincin penuh, menghubungkan lanskap nyata dengan ruang yang dipantulkan. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Suzuki Jual 1.200 Mobil Selama IIMS 2024

Jakarta, KoranSN PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selama 11 hari pelaksanaan Indonesia International Motor Show …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!