Membuka Lahan Dengan Dibakar Dikenakan Sanksi





Ilustrasi. (foto-net)

Empat Lawang, KoranSN

Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Empat Lawang, menghimbau semua warga di Kabupaten Empat Lawang, untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Sebab, jika itu dilakukan, akan ada sanksi hukum bagi pelaku pembakar hutan dan lahan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, M Taufik mengatakan, Maklumat bersama antara Gubernur Sumsel, dan Polda Sumsel serta Pangdam II Sriwijaya tentang larangan membakar hutan dan lahan atau ilalang/semak belukar, saat ini sudah ditandatangani.

“Ini artinya, keseriusan semua pihak untuk mengusut tindakan pembakaran hutan dan lahan akan dilakukan dan ini tidak main-main, pelaku akan dijerat dengan pasal berlapis karena itu adalah tindakan kejahatan, Mengapa membakar hutan dan lahan termasuk tindak kejahatan, karena melakukan pembakaran lahan itu merusak lingkungan flora dan fauna,” jelas M Taufik.

Lanjut Taufik, membakar hutan dan lahan, itu dapat mengganggu kesehatan akibat asap yang ditimbulkan dari pembakaran tersebut. Asap juga dapat mengganggu kegiatan masyarakat baik Nasional bahkan Internasional. Bahkan, nama baik bangsa Indonesia juga terancam karena akan dianggap bangsa pembakar hutan dan lahan. Oleh karena itu pihaknya sangat berharap agar warga yang biasa melakukan kegiatan membuka lahan dengan cara membakar, menghentikan kegiatan itu sebelum diproses hukum.

“Apalagi sebentar lagi di Palembang dan Jakarta akan ada event Internasional Asian Games, pemerintah tidak ingin event tersebut terganggu karena asap,” pinyanya.

Baca Juga :   Pembunuh Satu Keluarga di Lahat Diduga Libatkan Tetangga Korban

Lebih lanjut, untuk mengatisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Empat Lawang, BPBD Empat Lawang, sudah mensiagakan petugas pemadam bahaya kebakaran (PBK), apalagi akhir-akhir ini hujan sudah jarang terjadi.

“Saya sudah sampaikan kepada petugas damkar di kecamatan untuk stand by apabila ada titik api, segera bergerak padamkan dan tak lupa agar petugas juga dapat memberikan himbauan kepada warga untuk tidak membkar lahan. imbuhnya. (foy)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Lubuklinggau Juara 1 Lomba Kreasi Jingle Galeri Pelangi

Surakarta, KoranSN Mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Tim Kota Lubuklinggau raih juara pertama pada Lomba Kreasi …

error: Content is protected !!