Mendag: Indonesia Komitmen Tingkatkan Perdagangan di Bawah AANZFTA



Peningkatan juga menjadi penting sebagai langkah antisipatif terhadap tantangan-tantangan yang dapat muncul di masa mendatang.

Selain membahas peningkatan AANZFTA, Zulkifli Hasan dan Damien O’Connor juga membicarakan tentang kerja sama Indo-Pacific Economic Framework (IPEF).

Menurut Zulkifli Hasan, Indonesia mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas, adil, terbuka, dan saling terhubung untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Saya juga mendukung agar IPEF memiliki capaian konkret sebagai bukti kepada konstituen bahwa IPEF memberikan manfaat nyata,” katanya.

Indonesia resmi bergabung dengan IPEF pada 27 Mei 2022. Peluncuran Bersama IPEF dan Pertemuan Para Menteri dilaksanakan pada 23 Mei 2022 di Tokyo, Jepang.

Damien O’Connor mengatakan bahwa Selandia Baru berharap forum APEC dapat semakin relevan dan menjadikan sinergi APEC, IPEF, dan AANZFTA semakin baik untuk meningkatkan kerja sama.

Dia berharap agar kerja sama dengan Indonesia juga dapat berkembang, khususnya di bidang peternakan. Isu yang diutarakan meliputi kerja sama penanganan penyakit mulut dan kuku serta kerja sama peternakan sapi perah. Diangkat juga mengenai penerbangan langsung Bali-Auckland yang semakin menghubungkan kedua negara. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Astra Motor Sumsel Sukses Gelar Honda Fest



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kementan Siapkan Lahan Sumsel Jadi Penyangga Pangan Demi Tekan Impor

Jakarta, KoranSN Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan lahan rawa di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk dijadikan sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!