Mendag: Transaksi Perdagangan Digital Capai Rp533 Triliun Pada 2023



Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat melakukan paparan Outlook Kementerian Perdagangan 2024 di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (4/1/2023). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut nilai transaksi perdagangan digital atau e-commerce Indonesia pada 2023 diprediksi mampu mencapai Rp533 triliun.

“Tahun 2023 diperkirakan mencapai Rp533 triliun,” ujar Zulkifli saat paparan Outlook Kementerian Perdagangan 2024 di Jakarta, Kamis (4/1/2024).

Kemendag mencatat, total perdagangan digital pada 2022 tercatat sebesar Rp476 triliun, sedangkan pada 2021 mencapai Rp403 triliun.

Baca Juga :   Pengisian Pulsa Meningkat Hingga 60 %, 100 Orang Mudik Gratis

Zulkifli mengatakan, peningkatan transaksi perdagangan digital Indonesia dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa sektor ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.

“Dalam beberapa tahun terakhir, e-commerce menunjukkan potensi yang besar dalam kontribusinya bagi perekonomian,” kata Zulkifli.

Guna mendukung potensi pertumbuhan perdagangan digital, Kemendag telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang perizinan berusaha, periklanan, pembinaan dan pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik.HALAMAN SELANJUTNYA>>



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kementan Siapkan Lahan Sumsel Jadi Penyangga Pangan Demi Tekan Impor

Jakarta, KoranSN Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan lahan rawa di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk dijadikan sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!