Mengenal ChatGPT, Chatbot yang Mirip Manusia





Microsoft Indonesia bekerja sama dengan LINE Indonesia membawa chatbot berbasis kecerdasan buatan bernama Rinna ke Indonesia. (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Ketika diperkenalkan pada acara World Economic Forum di Davos, Swiss, beberapa waktu lalu, ChatGPT yang dikembangkan dari teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) mendadak menjadi buah bibir.

ChatGPT adalah kecerdasan buatan generatif yang dikembangkan oleh OpenAI, startup yang fokus pada riset kecerdasan buatan. OpenAI didirikan oleh ilmuwan dan tokoh besar teknologi, salah satunya Elon Musk.

Baca Juga :   Kenali Pemicu Asma dan Cara Mengobatinya di Masa Pandemi

Melansir Reuters, ChatGPT berupa chatbot canggih yang bisa mempelajari data dalam jumlah yang sangat banyak supaya bisa menjawab berbagai pertanyaan. ChatGPT dilatih supaya bisa menjawab semirip mungkin dengan manusia, bahkan disebut bisa memberikan jawaban yang panjang.

Berkat kemampuan itu, ChatGPT mendapat sambutan hangat dari industri teknologi di Silicon Valley, baik dari segi investasi maupun minat menggunakan chatbot tersebut. Microsoft, salah satu investor OpenAI, akan menggelontorkan lebih banyak dolar untuk pengembangan kecerdasan buatan oleh OpenAI.

CEO Cloudfare Inc Matthew Prince menilai AI generatif seperti ChatGPT bisa memiliki kemampuan sebaik programmer junior. Cloudfare menggunakan teknologi semacam itu untuk menulis kode pada platform Workers.

Baca Juga :   OVO Dorong Transaksi Digital Lewat Layanan Keuangan Terlengkap

Mereka berminat menggunakan teknologi serupa untuk menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat, terutama untuk layanan yang gratis. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kurang Mikronutrien Bisa Sebabkan “Hidden Hunger”

Jakarta, KoranSN Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik dr Cut Nurul Hafifah, Sp.A(K) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!