Menko Airlangga Dorong Kemudahan Akses Pembiayaan Bagi UMKM





Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam kuliah umum dan kajian buku pembiayaan UMKM di Universitas Udayana, Bali, pada Kamis (22/9/2022). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong kemudahan akses pembiayaan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui kuliah umum dan kajian buku pembiayaan UMKM di Universitas Udayana, Bali.

Airlangga menyampaikan satu program Pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan pada UMKM adalah melalui kredit usaha rakyat (KUR) yang plafonnya ditingkatkan hingga Rp373 triliun di 2022.

Baca Juga :   HOPE Optimis Pesanan Karoseri Meningkat Seiring Harga Batu Bara Naik

“Di setiap periode krisis, UMKM ikut terdampak, namun recovery UMKM relatif cepat. Oleh karena itu, pengembangan UMKM merupakan necessary condition untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih tinggi lagi,” kata Airlangga pada kuliah umum di Unud Bali, Kamis (22/9/2022), sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (24/9/2022).

Salah satu tantangan utama dalam pengembangan UMKM yaitu pada akses pembiayaan karena saat ini share kredit UMKM masih relatif rendah di mana baru mencapai 18 persen.

Untuk itu pemerintah juga tengah mengintegrasikan skema KUR dengan kebijakan fiskal dan perlindungan sosial lainnya, seperti Kartu Prakerja serta program korporatisasi nelayan dan petani dengan harapan tercipta ekosistem pembiayaan yang terintegrasi dan untuk mendorong pengembangan serta peningkatan produktivitas UMKM sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   China Tingkatkan Stok Minyak, Abaikan Dorongan AS Untuk Rilis Global





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Berbagi Kebahagiaan dengan Anak-anak Penyintas Gempa Cianjur, Pegawai PLN Mengajar di Sekolah Darurat

Cianjur, KoranSN PT PLN (Persero) melaksanakan Program PLN Mengajar di sekolah dasar yang bangunannya rubuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!