Menyingkap Surga Bawah Laut Tersembunyi di Pulau Miang, Kutai Timur



Wisatawan menyelami keindahan bawah laut Pulau Miang. (Foto-Antara)

Samarinda, KoranSN

Jauh di lepas pantai Kalimantan Timur, terkurung dalam pelukan Laut Sulawesi, bersemayam sebuah daratan kecil bernama Pulau Miang. Meski belum setenar Derawan atau Kakaban, Pulau Miang menyimpan pesona bahari yang memikat. Keberadaannya bak permata tersembunyi yang menunggu untuk ditelusuri.

Bagi penyelam dan pecinta snorkeling, Pulau Miang adalah negeri impian. Gugusan terumbu karang warna-warni membentang luas, menjadi rumah bagi ratusan jenis biota laut. Ikan-ikan eksotis berlenggok-lenggok dengan riang, mulai dari ikan nemo yang lincah hingga ikan pari manta yang anggun.

Sensasi berenang bersama kawanan ikan barakuda patut dinikmati, ditambah lagi menyaksikan gurita berbintik yang berkamuflase sempurna. Di kedalaman tertentu, penyelam bahkan dapat menyaksikan formasi terumbu karang yang menyerupai patung bawah air, menambah keajaiban dunia di bawah laut sekitar Pulau Miang.

Pulau Miang merupakan salah satu situs diving dan snorkeling yang populer di Kalimantan Timur. Terumbu karang di pulau ini sangat beragam, mulai dari karang keras hingga karang lunak. Ikan-ikan warna-warni, seperti clownfish, butterflyfish, dan lionfish, berkeliaran di antara terumbu, menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Baca Juga :   Menikmati Wisata Kerbau Rawa di "Negeri Atas air" Kalsel

Selain keindahan alam, Pulau Miang juga menyimpan jejak sejarah dan budaya. Di pulau ini terdapat sumur minyak peninggalan kolonial Belanda berusia sekira seabad, yang merupakan saksi bisu industri minyak bumi lokal pada masa lampau. Desa nelayan tradisional dengan rumah panggung di teluk menambah pesona autentik pulau ini. HALAMAN SELANJUTNYA>>



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Sabang Hadirkan Rumah Nemo Sebagai Spot Wisata Baru

Banda Aceh, KoranSN Pemerintah Kota Sabang, Aceh menghadirkan Rumah Nemo sebagai destinasi wisata baru di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!