Misi Tebus Dosa Brasil di Rusia





Selebrasi para pemain Brasil merayakan gol Neymar. (foto-net/detiknews.com)

Jakarta, KoranSN

Brasil, selalu menjadi favorit dalam pagelaran Piala Dunia. Kultur sepakbola yang sangat kental di negara Amerika Selatan tersebut, ditambah prestasi mentereng yang sudah diukir di masa lalu adalah sekelumit alasan mengapa mereka bisa dijagokan.

Pada perhelatan di Rusia 2018, sudah pasti Brasil kembali diperhitungkan keluar sebagai juara. Skuat bertabur bintang serta punya pengalaman bermain di level atas adalah modal kuat mereka untuk menatap pertempuran di depan.

Memang pada 2014 lalu, Brasil gagal total di kandang sendiri. Mereka cuma sampai ke semifinal dan dipermalukan Jerman 1-7.

Hal yang tentu tidak ingin diulangi oleh Tim Samba. Sudah cukup mereka diolok-olok atas hasil buruk itu. Dan di Rusia merupakan momentum yang pas untuk menghapus cerita buruk empat tahun silam tersebut.

Sejak kepergian Dunga dari kursi pelatih pada 2016 lalu, Brasil perlahan berevolusi. Di bawah asuhan Tite, kini Selecao lebih matang.

Bukti nyata adalah hasil luar biasa dalam fase kualifikasi lalu. Brasil bahkan menjadi tim pertama yang memastikan diri terbang ke Rusia. Mereka menjadi juara grup dengan mengemas 12 kemenangan dan cuma sekali menelan kekalahan.

Kedatangan Tite sebagai juru ramu taktik pun seperti mengembalikan trah Brasil sebagai tim yang selalu tampil menghibur dengan gaya bermain menyerangnya. Kembali data valid bisa dikemukakan. Di bawah komando pria bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi tersebut, dalam 12 pertandingan terakhir, Neymar cs mampu mengemas 30 gol.

Baca Juga :   Penonton Ajang MotoGP Mulai Pulang Kampung

Sebagai pelatih, Tite tentu saja harus optmistis menatap Piala Dunia nanti. Tanpa ragu dari awal dia menyatakan kalau Brasil merupakan favorit.

Menurutnya, Brasil pantas untuk diperhitungkan bukan hanya sekedar atas dasar nama besar, namun juga karena level performa yang kian meningkat serta komposisi pemain mumpuni, hingga sejajar dengan tim kuat lain seperti Prancis dan juara bertahan, Jerman.

“Brasil merupakan favorit. Atas dasar cara bermain, perjalanan di kualifikasi, level permainan, serta sejumlah hasil yan diraih. Saya bisa katakan kami adalah tim tangguh,” ungkap Tite.

Brasil tak bisa disangkal merupakan tim tersukses di Piala Dunia. Lima trofi mereka raih, menjadi yang terbanyak dibandingkan negara-negara lain.

Bangga, sudah pasti. Tapi kalau mengingat catatan dalam dua dekade ini, Brasil harus bisa introspeksi.

Sudah cukup lama rasanya mereka tidak naik ke podium juara. Untuk Piala Dunia, terakhir mereka meraih sukses pada 2002, atau 16 tahun silam.

Gelar yang dipersembahkan pada era kejayaan Ronaldo tersebut juga menjadi trofi besar terakhir yang diboyong. Sedikit informasi, untuk Copa America, Brasil malah terakhir kali merebutnya pada 1989 lalu.

Mungkin untuk menghibur diri, boleh lah sukses Brasil di Piala Konfederasi pada 2013 masuk hitungan. Lalu ada juga catatan gemilang, mereka merebut medali emas sepakbola Olimpiade untuk kali pertama pada 2016 lalu.

Baca Juga :   Conte Patahkan Rekor Mourinho di Chelsea

Bagaimana pun, untuk tim sekelas Brasil, rasanya tidak patut menanti terlalu lama buat mengukir prestasi. Selain itu, mereka juga memiliki tanggung jawab moral untuk menebus kagagalan pada perhelatan sebelumnya di kandang sendiri.

Untuk urusan skuat, Brasil tak perlu diragukan. Mereka memiliki sederet penggawa top mulai dari kiper hingga penyerang.

Bisa dibilang Brasil menjadi salah satu tim dengan skuat komplet serta memiliki kedalaman yang menjanjikan. Hamoir tak ada sekat antara penggawa inti dengan cadangan atau pelapis. Semuanya sama-sama bagus.

Kondisi itu akan memudahkan tim dan pelatih dalam meracik serta mengembangkan strategi permainan. Mereka bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi dalam turnamen dengan durasi singkat ini.

Namun dari itu semua, yang paling ditunggu pastinya adalah aksi dari pemain termahal dunia, Neymar. Meski baru pulih dari cedera, namun diyakini bintang PSG tersebut akan tetap menjadi ancaman serius buat pertahanan setiap lawan Brasil.

“Neymar adalah individu yang luar biasa. Dia memiliki talenta. Dia akan terus bermain bagus dan kami menantikan apa yang bisa diberikan buat tim,” kata Tite. (viva.co.id)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Jadwal Pertandingan Ketiga Penyisihan Grup Piala Asia Putri U-17 2024

Gianyar, KoranSN Babak penyisihan grup Piala Asia Putri U-17 2024 atau AFC Womens U-17 2024 …

error: Content is protected !!