Modal Rp 12 Juta Bisa Buka Laundry



Narasumber saat paparan mengenai prospek menguntungkan berbisnis Laundry di hotel Inna Daira Palembang. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Dengan modal Rp 12 juta, pelaku usaha sudah dapat membuka bisnis laundry, sehingga wajar saja jika saat ini bisnis laundry tumbuh pesat di Palembang. Hal tersebut dikatakan Ketua Panitia Kopdar ASLI, Purwono Hary Wibowo di sela-sela Kopi Darat pembentukan DPD ASLI Sumsel di Hotel Grand Inna Daira, kemarin.

Dikatakannya, melihat potensi bisnis laundry yang cukup menjanjikan dengan perkembangan market semakin tumbuh maka terbentuklah ASLI. Semakin padatnya penduduk apalagi warga pendatang yang berdomisili di Palembang membuat bisnis laundry memiliki prospek baik.

“Karena itu diperlukan suatu wadah agar bisnis laundry di kota ini tumbuh pesat dan bersaing secara sehat tidak saling menjatuhkan satu sama lain,”ujarnya.

Menurutnya, persaingan yang terjadi bukan hanya masalah harga tetapi kualitas laundry yang dihasilkan. Sehingga diperlukan suatu wadah agar harga tidak selisih jauh dan kualitas dipertahankan. Karena yang dilaundry saat ini bukan hanya seputar fashion atau baju, namun berkembang ke tas, sepatu, karpet bahkan aksesoris rumah tangga lainnya.

“Karena itu pelaku usaha laundry harus jeli melihat peluang yang menjanjikan. Jangan berharap volume saja, tetapi berpikir bagaimana cara meningkatkan pendapatan dengan menawarkan jasa laundry dengan cost operasional yang rendah tapi hasilnya tinggi,”tuturnya.

Selain pengembangan jasa yang ditawarkan menurutnya, pengusaha laundry perlu melibatkan digital untuk menghadapi perkembangan zaman yang saat ini serba digital. Seperti mulai dari pemasaran, penawaran hingga hasil harus melibatkan media sosial supaya usaha yang digelutinya semakin maju dan dikenal masyarakat.

Baca Juga :   Astra Grup Rekrut Tenaga Kerja Lokal

Direncanakan tahun depan, pihaknya akan menyediakan layanan Gojek atau transportasi online lainnya untuk pengantaran ataupun pemesanan. Dimana akan ada aplikasi khusus untuk pemesanan binatu yang akan dimasukkan ke dalam layanan Golife.

Terkait dengan terbentuknya ASLI ditambahkannya, pihaknya akan merangkul pengusaha Laundry yang ada di Sumsel. Ditargetkan akhir tahun DPD ASLI Sumsel akan terbentuk. “Sehingga menjadi DPDP yang ke-17, saat ini baru 105 pengusaha laundry yang masuk dalam anggota ASLI,”pungkasnya. (ima)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kementan Siapkan Lahan Sumsel Jadi Penyangga Pangan Demi Tekan Impor

Jakarta, KoranSN Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan lahan rawa di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk dijadikan sebagai …

error: Content is protected !!