Muba Kirim Tenaga Pendidik ke MRSHS Australia

Sejumlah tenaga pendidik yang dikirim ke MRSHS Australia berfoto bersama. (foto-sumantri/koransn.com)

Sekayu, KoranSN

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus melakukan peningkatan kualitas guru dan implementasi kurikulum standar internasional. Melanjutkan Lighthouse School yang di prakarsai oleh Putra Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO), kini Pemerintah Kabupaten Muba mendatangi sekolah top di Australia, yakni Margaret River Senior High School (MRSHS) Perth.

“Setelah kunjungan ini, nantinya bertahap, guru mulai dari jenjang SD-SMA sederajat di Kabupaten Muba akan belajar dan menambah wawasan di Margaret River Senior High School, Perth Australia. Program ini juga diperuntukan bagi kepala sekolah dan siswa dan biaya selama disana nantinya akan disiapkan Pemkab Muba,” ujar Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin saat penjajakan kerja sama dengan Margaret River Senior High School (MRSHS), Perth Western Australia, belum lama ini.

Menurutnya, langkah yang dilakukan ini untuk mengirim tenaga pendidik ke MRSHS Perth Australia merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Muba.

“Jadi, tenaga pendidik di Muba ini bisa paham bagaimana nantinya mengimplementasikan sistem belajar berbasis kurikulum yang berstandar internasional. Setelah guru di Muba belajar di MRSHS Perth Australia nantinya, tentu akan diterapkan di sekolah-sekolah di Muba dan dampaknya siswa di Muba dapat pemahaman sistem pembelajaran standar internasional,” terangnya.

Baca Juga :   RSUD Rupit Terus Berbenah

Dikatakannya, Pemkab Muba sengaja memilih MRSHS Perth Australia untuk dijadikan pusat belajar guru di Muba di karenakan MRSHS sudah teruji kualitas pendidikan guru dan siswanya.

“Setiap guru, kepala sekolah, dan siswa yang berangkat ke MRSHS nantinya diberikan waktu satu minggu untuk belajar dan

langsung di imbaskan ke sekolah masing-masing,” jelas alumni University Libre de Bruxelles Belgia ini.

Sementara itu, Direktur PSF-SDO Gusman Yahya menyebutkan kerja sama antara PSF-SDO, MRSHS, dan Pemkab Muba merupakan salah satu bentuk kolaborasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. “Ini wujud sinergi antara korporasi,

pemerintah, dan komunitas sekolah sangatlah penting dalam mewujudkan Lighthouse School Program sebagai sekolah binaan PSF-SDO” ujarnya.

Lanjutnya, penanda-tanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PSF dan MRSHS merupakan awal kolaborasi dalam memberikan pengalaman belajar internasional kepada seluruh Lighthouse School di Indonesia.

“Adapun school partner program ini merupakan bagian dari Lighthouse School Program dimana para guru, kepala sekolah, dan siswa mendapatkan kesempatan untuk belajar di MRSHS selama 1 minggu untuk kemudian diterapkan di sekolah masing-masing,” urainya.

Headmaster Margareth River Senior High School (MRSHS) Perth Australia, Andrew Host menuturkan pihaknya menyambut baik kerjasama antara Pemkab Muba dengan MRSHS. “Ini salah satu bentuk sinergi dalam memberikan kesempatan belajar kepada siswa dan guru untuk mewujudkan sebuah sekolah yang berkualitas,” imbuhnya.

Baca Juga :   4 Hari Api Menyala di Lahan Kebun Raya Sriwijaya di Indralaya Ogan Ilir

Andrew menambahkan, setelah MoU ini dirinya akan melakukan kunjungan balasan ke Kabupaten Muba. “Kerjasama ini harus dibina dengan baik, dan saya akan berkunjung ke Muba juga nantinya untuk menjadi pembicara dalam kegiantan School Leader Conference di bulan April 2018 mendatang,” tukasnya.

Sebelumnya juga Pemkab Muba sudah menggandeng Sampoerna University (SU) pada Mei lalu, untuk kerjasama menerapkan sistem pembelajaran digital yang diperuntukkan di sekolah-sekolah Kabupaten Muba. Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terus mengembangkan pendidikan di MUBA, berbagai program lain juga akan dihadirkan demi menyiapkan generasi masa depan yang berkompetensi global. (tri)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Owner Produk Olahan di OKUS Terima Dana Pembinaan

Muaradua, KoranSN Pemerintah Daerah OKU Selatan hadir memberikan dorongan semangat, sekaligus dana pembinaan terhadap kreativitas …