Muba Siap Beradaptasi dengan Kebiasaan Baru di Era New Normal

Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin.(foto-dinkominfo muba)

Sekayu, KoranSN

Bupati Musi Banyuasin (Muba) H. Dodi Reza Alex mengatakan menjaga daya tahan tubuh untuk tetap sehat di era new normal sangat penting. New normal ibarat kehidupan baru di masa pandemi dengan protokol kesehatan untuk mencegah dan terhindar dari Covid-19 sehingga setiap orang harus melakukan penyesuaian.

“Saat ini sejumlah pasar, tempat ibadah, restoran, sarana transportasi dan sarana olahraga sudah mulai beroperasi kembali. Hal ini dilakukan demi menjaga roda perekonomian masyarakat yang sempat terganggu akibat Covid-19. Adapun penjelasan beradaptasi di era new normal ini perlu kita pahami agar tidak bingung, sehingga mudah untuk dilakukan,” ucapnya saat diwawancarai, Minggu (5/7).

Menurut Dodi, semua pihak harus dapat mengubah mindset dan penerapan social distancing dengan cara yang baik serta peduli terhadap sesama.

“Di sini lah kita harus saling menjaga satu sama lain dan saling memperdulikan,” ujarnya.

Baca Juga :   Produk Muba “Piring Pelepah Pinang” Ramah Lingkungan

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Muba H. Azmi Dariusmansyah menjelaskan, beradaptasi di era new normal yaitu prilaku masyarakat yang baru untuk bekerja, belajar, beraktifitas produktif dan aman dari Covid-19, termasuk juga di fasilitas umum, supermarket, hotel, restoran, terminal, sarana kegiatan olahraga, sarana transpotasi umum, tempat wisata, tempat ibadah, ruang rapat.

Adaptasi kebiasaan baru yang bisa di lakukan era new normal ini dengan memastikan dalam keadaan sehat sebelum keluar rumah.

“Bila demam, batuk, flu, nyeri tenggorkan dan sesak nafas tetap di rumah. Lakukan pengukuran suhu tubuh di pintu masuk. Selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan handrub. Hindari menyetuh wajah, jaga jarak minimal 1 Meter, beri kaca pembatas pada loket pelayanan bisa memakai face shield untuk pelindung tambahan,” bebernya.

“Membawa peralatan pribadi seperti tempat makan, peralatan sholat dan peralatan make up. Saat tiba di rumah cuci tangan, mandi dan ganti pakaian. Bersihkan hp,kacamata dan peralatan lainnya dengan desinfektan. Konsumsi gizi seimbang. Aktivitas fisik minimal 30 menit dan hindari kontak fisik,” tambahnya.

Baca Juga :   Muba Target Juara Umum Porprov 2019

Lanjutnya, semua bentuk ptotokol kesehatan dan penjelasan bagaimana bisa melakukan adaptasi dengan baik di era new normal ini, bisa dilakukan secara kompak dan bersama-sama.

“Karena hidup sehat itu baik dan bisa terhindar dari Covid-19. Salam sehat mari kita laksanakan adaptasi kebiasaan baru di tempat dan fasilitas umum,” pungkasnya. (tri)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Aspal Karet Hingga Bensin Sawit Muba Pukau Dosen dan Mahasiswa Program Doktor FISIP Unsri

Sekayu, KoranSN Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA lagi-lagi menjadi sorotan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.