Muratara Usulkan 2.814 PIP SD dan SMP

Abdul Kadir. (foto-dok/sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Untuk membantu biaya pendidikan bagi keluarga yang kurang mampu, pemerintah kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Dinas pendidikan (Disdik) akan mengusulkan sebanyak 2814 penerima Program Indonesia Pintar (PIP) bagi siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

“Berdasarkan data yang kami terima, di Kabupaten Muratara jumlah keseluruhan siswa, baik SD maupun SMP yang menerima PIP sebanyak 14.510 siswa, sedangkan yang akan kita usul baru melalui depodik dan kartu KIP yang terlapor berjumlah 2.814, baik SD maupun SMP,” kata Kepala Disdik Muratara, Abdurrahman Wahid melalui Kabid Disdar Abdul Kadir, kemarin.

Ia menjelaskan dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel, Muratara termasuk penyalur dana PIP terbaik pada tahun 2016.

Baca Juga :   Kontraktor di Lahat Makin Geram, Pemkab Lahat Belum Bisa Bayar

“Secara persentase Muratara sudah menyuplai sekitar 97 persen, sedangkan di kabupaten/kota yang lain menurut informasi baru sekitar 70-an persen, makanya tim dari jakarta turun ke kabupaten-kabupaten lain sedangkan di Muratara tidak,” ungkapnya.

Kadir menambahkan, dari 14.510 penerima PIP baru sekitar 14.162 yang tersuplai, untuk SD baru tersuplai sekitar 10.996 dari 11.311 penerima PIP sedangkan untuk SMPnya sudah tersuplai 3.166 dari 3.199 penerima PIP.

“Dana PIP itu tidak ada pemotongan sama sekali, yang akan kita usulkan baru melalui depodik dan katu yang terlapor untuk SDnya berjumlah 1.307 dan untuk SMP 1.507,” beber Abdul Kadir.

Sementara Kepala SDN 1 Muara Rupit Sukmawati mengatakan, dari 432 siswa yang ada di SDN 1 Rupit hanya 43 siswa yang mendapatkan bantuan PIP.

Baca Juga :   Desain Green Belt, Solusi Pemkab Muba Atasi Kawanan Gajah Liar Masuk Desa

“Siswa kita yang mendapatkan bantuan PIP itu cuma 43 siswa dari 432 siswa yang ada, pada zaman pak Agus (Kepsek sebelumnya-red) dulu pernah mengusulkan 100 lebih tapi yang keluar hanya 43. Kami tidak tahu apakah masih keluar atau tidak yang lainnya dan yang dapat bantuan PIP sekarang ini dulunya punya kartu BLT,” pungkasnya. (snd)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Forum Pengusaha Orgen Tunggal di Empat Lawang Berharap Larangan Manggung Dicabut

Empat Lawang, KoranSN Para pengusaha orgen tunggal (OT) di Kabupaten Empat Lawang yang mengatas namakan …