Museum Balaputra Dewa Jadi Lokasi Pameran Bertema Olahraga untuk Dukung Asian Games





Asisten III Pemprov Sumsel Edward Juliarta bersama Kepala Museum Nasional Siswanto saat mengunjungi pameran yang ada di Museum Balaputra Dewa. (Foto-Anton/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Museum Balaputra Dewa, Palembang menjadi lokasi pameran bertema ‘Olahraga dari Masa ke Masa sebagai Penguat Karakter Bangsa’. Pameran ini diselenggarakan oleh museum-museum di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI dan Museum Negeri Sumsel dan dibuka secara resmi oleh Kepala Museum Nasional Kemdikbud RI, Siswanto, Selasa (31/7/2018).

Dalam kesempatan itu, Siswanto mengatakan, peserta pameran bersama ini adalah Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM), Direktorat Kesenian, Museum Nasional Indonesia, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Kepresidenan RI Balaikirti, museum Naskah Proklamasi, Museum Sumpah Pemuda, Museum Basoeki Abdullah, Museum Balaputra Dewa, dan Museum Pahlawan Nasional A.K Gani.

Pameran berlangsung dari tanggal 31 Juli sampai dengan 30 Agustus 2018. “Pameran ini dalam rangka memeriahkan Asian Games dan lebih banyak menampilkan informasi perjalanan sejarah olahraga di Indonesia dari masa prasejarah, masa sejarah kolonial, revolusi hingga masa reformasi. Dari sana ada indikasi bahwa sudah ada olahraga yang dilakukan oleh bangsa ini sejak dahulu, dimulai dari berburu, dalam waktu luang mereka beradu ketangkasan, ini menunjukkan cikal bakal olahraga di Indoensia,” beber Siswanto.

Ia menerangkan, cikal bakal olahraga yang dimaksud, mulai dari lempar lembing, dimana bangsa kita dahulu menggunakan tombak untuk berburu binatang, kemudian pencak silat, yang dimulai dari untuk bela diri menjadi permainan hingga menjadi cabang olahraga.

Baca Juga :   Herman Deru : Ini Episentrum Pelayanan Kemasyarakat

“Tujuan pameran ini juga memberikan semangat, aspirasi dan inspirasi, khususnya bagi generasi muda bagaimana bangsa kita ini sudah mengenal olahraga sejak dulu,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Provinsi Sumsel Edward Juliarta mengatakan, moment Asian Games seharusnya tidak hanya menjadi euforia bagi salah satu stake holder saja, tapi semua stake holder harus memanfaatkan moment bersejarah ini sebagai momentum komunikasi dan informasi bagi masyarakat.

“Dari pameran yang digelar ini kita tahu bahwa keberadaan olahraga di Indonesia bukan hanya ikut ikutan, tapi ini sudah ada jauh sebelum Indonesia ini ada dan sudah mendarah daging di nenek moyang kita. Pameran ini bisa menjadi edukasi bagi semua pihak, terutama generasi muda bahwa olahraga sudah ada di Indonesia dan kita lihat sudah ada partisipasi kita dari awal kita berdiri sampai sekarang,” bebernya. (awj)







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Penguatan Tugas dan Fungsi, Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Kunjungi Imigrasi Cilacap

Cilacap, KoranSN Kantor Imigrasi Cilacap menerima kunjungan dari Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang …

error: Content is protected !!