Nambah 29, Covid-19 di Sumsel Jadi 2.078

Dr Iche Andriyani Liberty. (foto-dedy/koransn)

Palembang, KoranSN

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Dr Iche Andriyani Liberty, Rabu (1/7/2020) mengatakan, jumlah kasus positif Covid-19 di Sumsel saat ini mengalami penambahan 29 kasus sehingga total kasusnya menjadi 2.078.

Menurutnya, adapun konfirmasi positif baru Covid-19 pertanggal 1 Juli 2020 sebanyak 29 orang, terdiri dari; Palembang 22 orang, Banyuasin 1 orang, Muara Enim 2 orang, Lubuklinggau 1 orang, PALI 2 orang dan Pagaralam 1 orang.

“Peningkatan kasus yang terjadi saat ini karena mobilitas masyarakat yang kini meningkat. Hal ini juga dikarenakan tidak adanya lagi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ujarnya.

Masih dikatakannya, berdasarkan survei yang dilakukan oleh pihaknya mengungkap jika selama pelaksanaan PSBB terjadi penurunan kasus Covid-19.

“Dimana saat PSBB dilakukan kita mensurvei 2.071 responden, yang hasilnya adanya penurunan kontak antara warga hingga kasus Covid-19 menurun. Dari itulah PSBB dinilai dapat menurunkan kasus Covid-19,” katannya.

Baca Juga :   12 PDP di Sumsel Meninggal Dunia

Diungkapkannya, untuk itulah dengan adanya peningkatan kasus Covid-19 tersebut maka pihaknya akan melakukan kajian guna memberikan rekomendasi kepada pemerintah agar kembali dilaksanakan PSBB.

“Jadi, kami dari Gugus Tugas akan melakukan kajian kembali, dan nanti hasilnya akan kita sampaikan ke pemerintah,” ungkapnya.

Dalam kajian tersebut lanjutnya, pihaknya selaku Gugus Tugas juga akan membahas angka penularan Covid-19 yang saat ini masih tinggi.

“Adapun angka penularan atau reproduksi efektif (RT) di Sumsel, khusunya di Kota Palembang saat ini angkanya masih tinggi yakni 1,02,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, dengan masih adanya kasus Covid-19 di Sumsel maka pihaknya menghimbau masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin guna memutus penularan. Adapun protokol kesehatan tersebut, yaitu; selalu menggunakan masker, jaga jarak, sering curi tangan dengan sabun di air mengalir serta hindari kerumunan.

Baca Juga :   Revolusi Cyber Digital Menunggu Dunia Pendidikan

“Kemudian masyarakat dihimbau untuk menjaga imunitas tubuh dengan makan-makanan bergizi, tidur yang cukup serta tidak stres,” pungkasnya. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Wawako Fitrianti Agustinda Apresiasi Program GISA

Palembang, KoranSN Pemerintah Kota Palembang menyambut baik atas hadirnya yayasan Pondok kasih cabang Palembang terkait …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.