Narkoba Merambah Semua Lapisan Masyarakat

Ilustrasi. (foto-net)

NARKOBA kini sudah menjadi momok menakutkan bagi masyarakat, utamanya bagi kaum muda penerus bangsa. Bahkan kejahatan narkoba kini sudah dianggap sebagai kejahatan luar biasa, yang menjadi ancaman terbesar bagi bangsa Indonesia.

Berbagai kampanye anti narkoba dan penanggulangan terhadap pemakai narkoba semakin gencar-gencarnya dilakukan oleh pemerintah dan seluruh steakholder anti narkoba.

Dewasa ini, masyarakat sangat mudah memperoleh narkoba dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Tahun ini saja, kepolisian Republik Indonesia berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba yang jika dikalkulasikan jumlahnya sangat banyak di berbagai daerah di Indonesia.

Bayangkan, apa jadinya ketika narkoba yang jumlahnya banyak tadi, terlanjur beredar di masyarakat, berapa banyak masyarakat utamanya kaum muda yang menjadi korbannya.

Selain itu, upaya pemberantasan narkoba juga sudah digalakkan pemerintah. Mulai dari pemberian hukuman yang berat terhadap pengedarnya dan juga pemberian pendidikan anti narkoba sejak dini bagi anak-anak. Hingga saat ini upaya paling efektif dalam pemberantasan narkoba yakni dengan pemberian edukasi tentang bahaya narkoba, baik dilakukan di lingkungan sekolah maupun keluarga.

Baca Juga :   Tiap Hujan Langsung Banjir, Harus Dibenahi!

Bahkan baru-baru ini di ribuan berbagai komponen masyarakat atas prakarsa Walikota Lubuklinggau, H.SN Prana Putra Sohe telah mendeklarasikan pencegahan-pencegahan anti narkoba dalam wadah Jihat Narkoba (Jinak). Penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat.

Maraknya penyimpangan perilaku tersebut dapat membahayakan keberlangsungan bangsa Indonesia di kemudian hari. Pemuda yang nantinya menjadi penerus bangsa semakin hari semakin rapuh karena digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf hingga membuat pemuda tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, impian dari bangsa Indonesia untuk memilki calon-calon pemimpin yang tangguh hanya akan menjadi angan saja jika permasalahan narkoba tidak diatasi.

Efek penggunaan narkoba antara lain menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, menghilangkan rasa serta menimbulkan ketergantungan. Efek yang dihasilkan dari pemkaian narkoba tersebut akan berdampak pada kehidupan sehari-hari pemakai seperti menurunnya kedisiplinan, mudah menjadi tersinggung dan cepat marah, menjadi pemalas, tidak memperdulikan kesehatan, bahkan membuat pemakai menjadi pencuri untuk membeli narkoba.

Baca Juga :   Belum Ada Jalan Keluar Untuk Truk Batubara

Oleh karena itu, mulai saat ini siapapun kita, harus sigap dan waspada terhadap penyebaran narkoba. Hindari sikap antipati terhadap narkoba, karena bahaya narkoba menyangkut perjalan bangsa Indonesia ke depannya. (Rif’at Achmad)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

COVID-19 Masih Memerlukan Perhatian yang Tinggi

  DI penghujung tahun 2020, permasalahan COVID-19 masih memerlukan perhatian yang tinggi, walaupun secara umum …