Nelayan Bakal Dicover Asuransi, Santunan Sampai Rp 200 Juta

Kartu asuransi nelayan. (foto-net/vivanews.com)

Yogyakarta, KoranSN

Kementerian Perikanan dan Kelautan menargetkan tahun 2019 seluruh nelayan yang ada di Indonesia terlindungi asuransi. Dirjen Perikanan Tangkap dari Kementerian Perikanan dan Kelautan, Sjarief Wijaya, mengungkapkan jumlah nelayan di Indonesia mencapai 2,6 juta jiwa.

Namun, hingga saat ini, nelayan yang telah mendapatkan asuransi baru mencapai 996 ribu jiwa.

“Tahun 2016 kita menyalurkan 496 ribu asuransi nelayan dan pada tahun 2017 disalurkan 500 ribu asuransi dan target telah tercapai,” ucapnya di sela-sela acara Penyerahan Asuransi Nelayan di Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Minggu (10/12/2017).

Baca Juga :   China Pimpin Klasemen Sementara, Indonesia di Urutan Keempat

Pada tahun 2018, Kementerian Perikanan dan Kelautan akan kembali menyalurkan 500 ribu asuransi nelayan dan sisanya akan diberikan pada tahun 2019. 2,6 juta nelayan di Indonesia akan ter-cover asuransi pada tahun 2019,” ungkapnya.

Lebih jauh Sjarief menyatakan, asuransi ini sangat bermanfaat bagi nelayan, seperti santunan kecelakaan, meninggal saat bekerja di laut mendapatkan santunan Rp200 juta, cacat tetap Rp100 juta dan cacat tetap Rp20 juta untuk pengobatan.

“Untuk bayar premi asuransi hanya Rp175 ribu untuk asuransi Jasindo dan dapat diperpanjang setiap tahunnya,” ujarnya.

Baca Juga :   BNPB: Luas Wilayah Petobo yang ‘Ditelan Bumi’ 180 Hektare

Sementara itu, Titiek Soeharto, anggota Komisi IV DPR, berharap nelayan yang terima asuransi tetap memperpanjang asuransi sehingga ada jaminan saat bekerja di laut. “Kalau ada jaminan keluarga juga tidak direpotkan jika ada kejadian yang tidak dikehendaki,” ujarnya. (Viva.co.id)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dihadiri Ketua Dewan Pers, JMSI Jatim Dinyatakan Lolos Verifikasi Faktual

Surabaya, KoranSN Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jawa Timur telah dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh …