Nomenklatur Rampung, 4 SKPD Bakal Hilang

Ilustrasi. (foto/net)
Ilustrasi. (foto/net)

Empat Lawang, KoranSN

Raperda nomenklatur (penggabungan/perampingan) SKPD di lingkungan Pemkab Empat Lawang sudah disahkan. Saat ini Raperda masih dievaluasi di tingkat provinsi. Ada beberapa SKPD yang hilang imbas dari Perda tersebut.

“Sekitar satu atau dua minggu lagi hasil evaluasi dari provinsi keluar,” ujar Ketua Komisi I DPRD Kabupaten
Empat Lawang, Makmun, Rabu (26/10).

Dijelaskannya, susunan perangkat daerah Pemkab Empat Lawang menjadi 17 dinas 5 badan, 1 Pol-PP, 1 inspektorat, 10 camat, 1 sekda dan 1 sekwan. Dinas yang hilang diantaranya, Dinas Pasar Kebersihan dan Keindahan Kota (DPK3) dan Dinas Kehutanan Perkebunan Pertambangan dan Energi (Hutbuntamben).

“Kehutanan dan Pertambangan diambil alih provinsi. Perkebunan gabung ke Dinas Pertanian dan Energi gabung ke Dinas PU CK,” jelasnya.

Diperkirakan Makmun, Desember nomenklatur bisa diberlakukan. Sedangkan untuk penyusunan APBD 2017 sudah menggunakan nomenklatur yang baru, sesuai pedoman Gubernur Sumsel.

Baca Juga :   Dulu Tertinggal, Desa Keman Baru Kini Semakin Maju

“Penempatan orangnya diperkirakan Desember nanti. Tapi keputusannya ada di Bupati,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Hukum dan Organisasi Empat Lawang, Tarmizi membenarkan bahwa Raperda nomenklatur sudah selesai di Empat Lawang dan sedang dievaluasi di Sumsel.

“Iya sedang digodok di provinsi, Diprediksi sekitar 10 hari lagi akan selesai,” ujarnya saat dihubungi via telpon genggam pribadinya, kemarin.

Setelah Raperda selesai dan resmi menjadi perda, maka ditindaklanjuti dengan peraturan bupati (perbup). “Makanya kemarin ada 2 akademisi dari bengkulu melakukan pendampingan ke kita untuk menyusun perbup dan lainnya, Jangan sampai ada kesalahan,” katanya.

Lanjutnya, sementara ini, ada beberapa SKPD akan digabungkan. Sehingga, ada sekitar 3-4 SKPD yang hilang bergabung dengan SKPD lainnya.

Baca Juga :   MTQ Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Pampangan

“Dishutbuntamben, DPK3, KP3A, dan Perpustakaan rencananya hilang bergabung ke instansi lain. Tapi itu belum putus, masih digodok pihak provinsi, mana-mana yang masih pas untuk kita,” bebernya saraya menambahkan, ada beberapa SKPD juga sedang diperjuangkan nilainya, seperti Dishub, diperjuangkan agar nilai dan tipe dari Dishub untuk didongkrak, atau dinaikan, sebab saat ini Empat Lawang sudah memiliki stasiun, Jalinsum, jalan lingkar dan trotoar, serta kendaraan transportasi sungai. (foy)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Shawaf Al Amien: Saya Tindak Tegas Anggota Melanggar Aturan

Lahat, KoranSN Kodim 0405/Lahat menggelar Apel Luar Biasa yang dipimpin langsung oleh Dandim 0405/Lahat, Letkol …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.