OKI Fokus 6 Kecamatan Rawan Karhutla



Bupati OKI, H Iskandar SE. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Bila sebelumnya hanya lima kecamatan di Kabupaten OKI rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), kini jumlahnya meluas menjadi enam kecamatan. Semua stakeholder saat ini sedang fokus dan siaga 1 terhadap wilayah itu. Demikian ditegaskan Bupati OKI, H Iskandar SE didampingi Dandim OKI/OI, Letkol Inf Sefrianizar dan Kapolres OKI, AKBP Ade Haryadi usai rapat antisipasi Karhutla, Senin (31/7/2017) siang.

Dirincikan bupati, kecamatan yang rawan terjadi Karhutla yakni; Kecamatan Air Sugihan, Cengal, Sungai Menang, Tulung Selapan, Pangkalan Lampam dan Tanjung Lubuk. “Juga sebagai Kecamatan Pedamaran dan Pedamaran Timur. Enam kecamatan itu menjadi penyumbang api terbesar saat Karhutla tahun 2014-2015,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sejak awal tahun seluruh stakeholder di OKI telah siaga 3 dan siaga 2. Namun, mulai pertengahan tahun kesiagaan ditingkatkan menjadi siaga 1. Alasan siaga 1, karena sesuai laporan BMKG jika saat ini wilayah OKI dan sekitarnya masuk masa kemarau sehingga sangat rawan. Adapun stakeholder yang melakukan siaga 1 diantaranya; BPBD OKI, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan tim perusahaan.

“Mereka dikomandoi Kapolres OKI untuk turun ke lapangan berdampingan dengan perusahaan dan masyarakat guna mencegah kebakaran hutan dan lahan,”cetus Iskandar.

Baca Juga :   DPPKB OKUT Sosialisasikan Cara Konkrit Penurunan Angka Stunting

Disingung tekait dana pencegahan Karhutla Dikatakannya jika Pemkab OKI telah menganggarkan dana Rp 3 miliar dari APBD OKI tahun ini. “Dana itu bersumber di BPBD OKI, Dinas Perkebunan OKI, Dinas Kehutanan OKI dan SKPD lainnya,” tandasnya. (iso)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kajari Muara Enim Dijabat Rudi Iskandar

Muara Enim, KoranSN Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Yulius menghadiri acar pisah sambut Kepala Kejaksaan …

    error: Content is protected !!