OKI Gencar Sosialisasikan Germas ke Pelosok Desa

H Iskandar SE. (foto-ist)

Kayuagung, KoranSN  

Dinas Kesehatan (Dinkes) OKI sangat gencar mensosialisasikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) hingga ke pelosok pedesaan di Kabupaten OKI. Salah satunya, Germas diterima warga di Desa Pematang Panggang Kecamatan Mesuji dan sekitarnya.

Kadinkes OKI, HM Lubis SKM MKes diwakili Kasi Pelayanan Rujukan dan Jaminan Kesehatan menerangkan, tahun 2017 ini Dinkes OKI mengelorakan Germas pada 31 Puskesmas yang tersebar di seluruh OKI. Dengan tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”.

Menurutnya, Bupati OKI yang memiliki jargon membangun OKI dari desa telah melaksanakan pembangunan program satu desa satu Poskesdes, yang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan pada masyarakat lebih optimal.

Baca Juga :   Giliran Mantan Sekda OKI Cari Dukungan

Serta pemberian TT caten untuk pengantin dilanjutkan dengan 1000 hari kehidupan program pemeriksaan kehamilan (ANC) lengkap,Tablet FE, PMT Bumil KEK, persalinan gratis, inisiasi menyusui dini dan ASI eksklusif, PMT Balita dan pemberian kapsul vitamin A.

Ditambahkannya, dengan adanya program Germas ini dapat memberikan motivasi pada masyarakat untuk berprilaku hidup sehat serta terpentingnya dapat menekan serta menurunkan angka penyakit tidak menular karena kebiasaan hidup sehat harus dimulai dari setiap orang.

Ketua Panpel, Antoni SKM MKes menambahkan, peringatan HKN tahun ini pihak Puskesmas Pematang Panggang IV mengelar acara jalan sehat, lomba cerdas cermat kader posyandu pada 9 desa binaan, gerakan makan buah dan sayur dengan tujuan menciptakan keluarga sehat pada umumnya.

Baca Juga :   Sekda Lantik 19 Guru Fungsional Pratama

Sedangkan Kepala Puskesmas Pematang Panggang IV, Zaidan SKM MKes mengungkapkan, adanya launching Germas pihaknya menyambut baik dan sekarang telah mensosialisasikan. Inti Germas ada 7 poin dan untuk tahun pertama ini baru bisa melaksanakan 4 program dan sisanya bertahap pada berikutnya. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Infrastruktur dan SDM Masih Kendala Pembelajaran Daring

Lahat, KoranSN Sosialisasi dan kunjungan kerja Dewan Pendidikan Sumatera Selatan ke tiga wilayah kabupaten yaitu …