Operasional LRT Keseluruhan Ditargetkan Selesai Juli 2018

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi saat melakukan uji coba dinamis kereta Light Rail Transit (LRT) di zona 5 Jakabaring Palembang dengan kecepatan kereta 35 kilometer (Km) per jam. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, Minggu (27/5/2018) menargetkan oprasional Light Rail Transit (LRT) Palembang secara keseluruhan selesai pada pertengahan Juli 2018 mendatang. Hal tersebut dikatakan Budi usai memantau langsung uji coba statis LRT sepanjang 900 meter dengan kecepatan 35 Km/jam di Jakabaring Palembang.

Menurut Budi, uji coba dinamis LRT yang telah dilakukan hasilnya memuaskan dan berlangsung dengan baik. Sementara untuk kecepatan akan dilaksanakan secara bertahap hingga 85 kilometer per jam.

“Penyelesaian proyek akan berlangsung hingga pertengahan Juni nanti. Namun untuk operasional secara keseluruhan diperkirakan pada pertengahan Juli 2018,” kata Budi didampingi Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri.

Untuk diketahui, sebelumnya uji coba kereta LRT secara tertutup telah dilakukan, Senin malam (21/5/2018). Dimana uji coba tersebut dimulai pukul 21.30 WIB malam hingga subuh. Adapun rute lokasi uji coba yang dilalui oleh LRT yakni; Stasiun Depo, Stasiun OPI dan Stasiun Jakabaring.

Baca Juga :   Anggota Makorem Latihan Menembak Triwulan IV 2017
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi berada di dalam kereta Light Rail Transit (LRT) Palembang saat melakukan uji coba LRT sepanjang 900 meter di Jakabaring Palembang.

Pejabat Pembuat Kotmitmen (PPK) LRT Palembang, Suranto saat itu mengatakan, uji coba LRT tersebut dilakukan tertutup bertujuan untuk mnenjaga keselamatan para pengguna jalan yang melintasi lokasi uji coba.

“Uji coba LRT ini dilakukan secara tertutup untuk menjaga kemanan. Sebab, resikonya besar bagi pengendara jika tidak ditutup, karena LRT ini memiliki tegangan tinggi dimana dibawahnya mengalir listrik high voltage 750 VDC dengan arus kisaran 500 A. Untuk itulah petugas kita di lapangan ekstra hati-hati dengan melakukan sterilisasi jalur selama tes dinamis uji coba LRT dilakukan,” terangnya.

Dijelaskannya, hingga malam hari uji coba LRT berjalan lancar tidak ada halangan atau hambatan apapun.

“Semuanya berjalan baik, mungkin hanya ada kendala kecil tapi itu bisa kita atasi. Adapun kendala tersebut yakni, keamanan yang kami miliki terbatas dan adanya para pekerja pembangunan proyek LRT yang sedang bekerja di lokasi uji coba,” katanya.

Baca Juga :   Dana Pendidikan Satu Juta Satu Siswa, Bagi yang Berprestasi dan Tidak Mampu

Lebih jauh dikatakannya, sementara untuk progres semua pembangunan proyek LRT di Palembang saat ini sudah mencapai 91, 5 persen. Pembangunan belum mencapai 100 persen lantaran saat ini pihaknya masih membangun sejumlah stasiun LRT.

“Selain itu, kami juga masih melakukan pembangunan beberapa akses jalan. Belum tercapainya 100 persen progres pembangunan LRT saat ini karena ada beberapa kendala misalnya; permasalahan lahan dan utilitas yang ada di lokasi proyek pembangunan LRT Palembang,” tandasnya. (ded/fer)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Suspect Corona, Pedagang di Pasar Kebon Semai Sekip Meninggal Dunia

Palembang, KoranSN Seorang perempuan suspect Covid-19 atau virus corona yang kesehariannya pedagang di kawasan Pasar …