Orang Tua Berperan Besar Cegah Risiko Cedera Saat Anak Bermain





Ilustrasi. (Pexels).(Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Praktisi Keperawatan Perinatologi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Ns. Novardian, M.Kep., Sp.Kep.An, mengatakan orang tua berperan besar untuk memantau anak-anak bermain di luar, agar terhindar dari risiko terjatuh hingga akhirnya terluka.

“Di usia anak-anak yang aktif, yang harus dilakukan adalah perhatikan anak kita ketika bermain. Kalau memang anak itu sudah jatuh dan (kulitnya) lecet, kembali lagi kita harus melihat lukanya seperti apa untuk kemudian diberikan perawatan selanjutnya,” kata Novardian dalam jumpa pers daring, Kamis.

Baca Juga :   XL Sediakan Gratis Ongkir di Toko Online

Lebih lanjut, ia mengatakan setelah orang tua mengetahui jenis luka apa yang diderita anak. “Kalau menurut saya, luka lecet biasa proses penyembuhannya lebih cepat, sehingga pertolongan pertama bisa tidak sampai terinfeksi,” jelas Novardian.

“Sementara untuk (luka) yang terbuka, sebaiknya tidak ditutup dengan kasa, namun bisa menggunakan skin barrier protection. Namun, kalau mau pakai penutup luka, sebelum gunakan plester perekat, gunakan (skin) barrier,” imbuhnya. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Honor 60 dan Honor 60 Pro Resmi Diluncurkan, Ini Harganya

Jakarta, KoranSN Honor meluncurkan smartphone premium Honor 60 dan Honor 60 Pro di China, hadir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.