OTT Hakim Agung Pintu Masuk Reformasi Paradigma Selamatkan Peradilan





Dokumentasi hakim agung Mahkamah Agung, Sudrajad Dimyati (kiri), dengan mengenakan rompi tahanan memasuki mobil tahanan di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta, Jumat (23/9/2022). Hakim agung, benteng penegakan hukum Indonesia, ini ditahan KPK usai diperiksa dan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara di Mahkamah Agung. (Foto-Antara)

Banjarmasin, KoranSN

Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi dan Good Governance (Parang) Universitas Lambung Mangkurat, Ahmad F Hadin, mengatakan, operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Hakim Agung Sudrajad Dimyati bisa dijadikan pintu masuk reformasi perubahan paradigma selamatkan peradilan.

Baca Juga :   Berkas 'JA' Masih Diteliti Jaksa

“Budaya negosiasi penangan perkara kerap terjadi sehingga paradigma judicial independency dan judicial accountability menjadi keharusan,” kata dia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (1/10/2022).

Menurut dia, judicial independency diartikan kekuasaan kehakiman yang merdeka alias tidak adanya ketergantungan, sementara judicial accountability merupakan pertanggungjawaban hakim atas putusannya berdasarkan prinsip keadilan yang sesuai.

Ia menyebut, masalah pengawasan hakim dan pembinaan hakim menjadi porsi besar untuk perbaikan lewat Komisi Yudisial yang memiliki peran strategis bersama Mahkamah Agung.

Selain itu, kualitas proses rekrutmen hakim agung di Indonesia harus dijalankan dengan transparan dan partisipatif agar menghasilkan para “Yang Mulia” yang memiliki prinsip kekuasaan kehakiman yang merdeka yang satu paket dengan pertanggungjawaban hakim atas putusannya berdasarkan prinsip keadilan yang sesuai. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Isteri Darul Kutni Puas, 4 Perampok Toke Kopi Pagaralam Divonis Seumur Hidup





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Akhir Pekan ‘Pak Sami’ Akan Amankan Tempat Wisata di Sumsel

Palembang, KoranSN Personel Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Sumatera Selatan membantu pengamanan tempat wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!