Pagaralam dan Lubuklinggau Diguncang Gempa







Ilustrasi. (foto-net)

Pagaralam, KoranSN

Gempa berkekuatan 6,6 SR, Minggu (13/8/2017) sekitar pukul 10.08 WIB mengguncang Pagaralam dan sekitarnya. Gempa ini berpusat di 6.6 SR 10 km 3.75 LS – 101.56 BT 71 Km Barat Daya Bengkulu Utara, bukan hanya itu guncangan gempa juga terjadi di Kota Lubuklinggau.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo, Mulyadi mengatakan, di Kota Pagaralam dan sekitarnya gempa ini cukup teras kuat hingga membuat masyarakat terkejut akibat goncangan, meskipun kejadiannya terjadi di pagi hari.

“Gempa ini terekam di alat sesmograf kita berkekutaan II MMI,” tegasnya.

Sejauh ini gempa yang terjadi tidak mempengaruhi atau memicu aktifitas kegempaan pada Gunung Api Dempo yang masih di level II.

Baca Juga :   Berikan Pelayanan, Sat Lantas Polres Banyuasin Gelar Strong Point Pagi

“Kita berharap gempa yang cukup kuat dan dekat dengan Kota Pagaralam ini tidak mempenaruhi aktifitas kegemapaan,” terangnya seraya mengatakan aktifitas Dempo masih berstatus waspada.

Lebih jauh dikatakannya, yang pasti pihaknya tetap waspada terhadap Gunung Api Dempo yang masih di Level II dan belum turun-turun kembali ke level I atau aktif normal. “Kita tetap waspada dan memonitor kondisi yang ada,” tandasnya.

Sementara di Lubuklinggau, gempa yang berpusat di Bengkulu Utara tersebut juga sangat terasa. Hal ini disebabkan Lubuklinggau berada tidak jauh dari Bengkulu Utara. Meskipun gempa bumi di Kota Lubuklinggau ini tidak terlalu kuat namun cukup membuat masyarakat panik dan cemas.

Warga di Kelurahan Majapahit contonya, saat terjadi gempa warga langsung keluar dari dalam rumah, karena khawatir gempa menjadi besar.

Baca Juga :   HD Ingin Wujudkan Kawasan Pasemah Air Keruh Jadi Lumbung Pangan

“Lagi nonton, tiba-tiba gempa, jadi langsung bawa anak-anak ke luar dari rumah. Takutnya kan jadi besar gempanya,” kata Ahyar,warga RT 06 Majapahit.

Diterangkannya, guncangan di Kota Lubuklinggau tidak terlalu kuat dan berlangsung sebentar namun cukup terasa.

Sementara salah seorang pegawai toko buku di kawasan Jalan Yossudarso Kelurahan Jawa Kanan Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau, Ita (20) membenarkan telah terjadinya gempa tersebut.

“Memang ada gempa, saya sempat terasa bahkan para pegawai pertokohan dan pengunjung salah satu pusat pembelanjaan banyak keluar gedung hingga ke jalan,” ujarnya. (asn/rif)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Usai Sholat Idul Adha, Masyarakat Desa Tambangan Mura Gelar Tradisi Sedekah Rame

Musi Rawas, KoranSN Masyarakat Desa Tambangan, Kecamatan BTS Ulu Cecar, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan …

error: Content is protected !!