Pakar: Ekonomi Sirkular Solusi Atasi Persoalan Sampah Plastik Nasional

Pekerja mencuci sampah gelas plastik yang telah dicacah di Rumah Pengolahan Sampah Citra (RPSC), Desa Jogjogan, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (21/2/2022). (Foto/Antara)

Jakarta, KoranSN

Pakar teknologi produk plastik dari Universitas Indonesia Prof Dr Mochamad Chalid menyatakan penerapan ekonomi sirkular mampu menjadi salah satu solusi dalam mengatasi persoalan sampah nasional.

Menurut Chalid, terlepas dari banyak stigma yang dilekatkan orang, plastik pada dasarnya produk yang relatif lebih ramah lingkungan ketimbang kemasan lainnya semisal yang berbasis kertas.

Baca Juga :   Donor Darah ASN Aceh Kumpulkan 20.735 Kantong Darah

“Analisis life cycle assessment (LCA) menunjukkan plastik lebih ramah lingkungan karena energi yang diperlukan untuk pembuatannya relatif jauh lebih sedikit dan ini juga terkait erat dengan tingkat emisi C02 dan perubahan iklim,” katanya dalam keterangannya di Jakarta, Senin (7/3/2022).

Menurut dia, plastik sebenarnya material yang eksotik, punya banyak keunggulan dari sisi ekonomi, kepraktisan dan pemanfaatan dalam skala massal, meski juga punya kekurangan, utamanya waktu penguraian di alam yang perlu puluhan hingga ratusan tahun alias lebih panjang dari usia manusia pemakainya. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Air Tanah dan Ancaman Jakarta Tenggelam



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Wapres Tekankan Pentingnya Kerja Sama Sosial Budaya RI-Selandia Baru

Wellington, Selandia Baru, KoranSN Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan perlunya Indonesia dan Selandia Baru saling …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!