Palembang Masih Banjir Jelang Asian Games 2018, Sekda Sumsel: Itu Biasa Terjadi

BANJIR TERUS- Sambut Asian Games 2018 Kota Palembang masih dikepung banjir, hujan sebentar yang mengguyur kawasan jalan Pom IX kota Palembang, Kamis (9/3) sore membuat ruas jalan tepat didepan rumah sakit siloam ini protokol di jalan POM IX kampus Palembang tergenang air hingga setinggi betis kaki orang dewasa bahkan sampai meluber ke trotoar jalan. — Foto Ferdinand Deffryansyah/koransn

Palembang, koransn.com
Banjir yang kerap terjadi di Kota Palembang dinilai sudah biasa terjadi, dan tak hanya di Kota Palembang saja tetapi juga di kota lainnya. Demikian diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Joko Imam Sentosa, kemarin.

“Itu biasa terjadi bukan hanya di Kota Palembang saja, lihat saja seperti di Jakarta dan kota lainnya,” katanya.

Dijelaskannya, banjir yang terjadi di Kota Palembang ini dikarenakan debit air yang masuk lebih banyak dibandingkan daya tampung serta air yang keluar. Karena itu, air masuk pun terpaksa menggenang yang seperti selama ini terjadi di Kota Palembang. “Air menggenang ini pun bertahap, jika langsung tiba-tiba banjir besar itu namanya sudah bencana,” tegasnya.

Baca Juga :   Walhi Sumsel Minta Pemda Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Menurutnya, untuk mengatasi permasalahan banjir yang melanda di Kota Palembang perlu partisipasi masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dengan begitu sistem saluran air di Kota Palembang pun akan lancar. “Tentunya ini bukan hanya peran pemerintah daerah (Pemda) saja tetapi semua masyarakat juga,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan Tata Ruang Sumsel, Ir Ucok Hidayat menambahkan banjir yang terjadi di Kota Palembang beberapa waktu lalu menurutnya kurangnya kesadaran serta dukungan dari masyarakat. Selain itu, penerapan tata ruang yang belum efektif.

Baca Juga :   Pemkot Palembang Tambah Bus Air

“Penerapan tata ruang agar efektif ini tentunya harus ada dukungan dari masyarakat untuk penerapannya,” harapnya. (wik)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

HD Sinkronkan Program Strategis Provinsi dengan Kabupaten/Kota

Palembang, KoranSN Untuk mempercepat jalannya pembangunan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, dibutuhkan komitmen …