Palembang Miliki Satu-Satunya Sekolah Pasar di Sumatera



Inspektur Jenderal kemendag RI, Sri Agustina (kanan) saat bincang bersama pedagang. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Kota Palembang menjadi satu-satunya tempat dilaksanakannya Sekolah Pasar di Sumatera pada tahun 2017 ini yang merupakan bagian dari proyek revitalisasi pasar yang dilaksanakan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI). Pagelaran kali ini, peserta sekolah pasar ditujukan bagi pedagang Pasar Soak Bato Palembang.

Pelaksanaan Sekolah Pasar Soak Bato dibuka langsung Inspektur Jenderal Kemendag RI, Sri Agustina yang dihadiri Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Ditjen Perdagangan Kemendag RI, Sihard Hadjopan Pohan dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani, Kamis (16/11/2017).

“Sekolah Pasar hanya di gelar di Palembang dan Pontianak pada tahun 2017 ini. Terpilihnya pasar di Palembang patut diapresiasi termasuk pasar Soak Bato yang merupakan proyek revitalisasi. Saat ini di Kota Palembang terdapat 4 pasar yang direvitalisasi dari bantuan Kemendag RI,” ungkap Sri.

Menurutnya, dilakukannya sekolah pasar bertujuan untuk pemberdayaan pedagang. Hal ini merupakan bagian dari program revitalisasi pasar. Revitalisasi yang dimaksud tidak hanya menargetkan perubahan fisik pasar saja, namun juga memperbaiki sumber daya pedagang serta meningkatkan aspek sosial budaya di lingkungan pedagang.

“Ini berkaitan dengan kultur pedagang, bagaimana mengelola keuangan, memasarkan dagangan, aspek kesehatan serta etika para pedagang dalam menjual dagangannya. Kita tidak bisa hanya memenuhi kebutuhan fisik saja, tanpa mengetahui kebutuhan pedagang itu sebenarnya. Pada akhirnya tujuan sekolah pasar ini adalah untuk mensejahterakan para pedagang pasar itu sendiri,” imbuhnya.

Baca Juga :   Dr Ilham Djaya Resmi Dikukuhkan Sebagai Ketua Federasi Kempo Indonesia Wilayah Sumatera Selatan

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani menuturkan, Sekolah Pasar Soak Bato merupakan pilot project bagi pasar lainnya di Palembang. Pihaknya telah merencanakan untuk mengembangkan kegiatan edukasi serupa pada sejumlah pasar lainnya di Palembang.

“Sekolah Pasar ini memberikan edukasi kepada para pedagang tentang tata kelola perdagangan, keuangan, menjaga kebersihan dan kesehatan, serta etika berdagang. Kegiatan ini sangat baik dan akan terus dikembangkan untuk kemajuan pasar di Palembang, khususnya meningkatkan kesejahteraan para pedagang,” tuntasnya. (rgn/rel)







Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Kanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Sosialisasi Pendaftaran Merek Kolektif

Palembang, KoranSN Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan menyosialisasikan pendaftaran …

error: Content is protected !!