Pangkalpinang Raih Predikat Kepatuhan Tinggi, Irwansyah: Ini Berkat Dukungan Masyarakat



Kota Pangkalpinang mendapat predikat kepatuhan tinggi dari Ombudsman RI. Pengharagaan diterima langsung oleh Walikota Pangkalpinang, M Irwansyah. (foto-ist)

Jakarta, KoranSN

Kota Pangkalpinang kembali menggoreskan tinta emas, setelah meraih predikat kepatuhan tinggi dari Ombudsman RI. Penghargaan ini diterima langsung oleh Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah bertempat di Balai Kartini, Selasa (5/12/2017).

Dalam pernyataannya, Irwansyah mengatakan, penghargaan yang ia terima bukan atas kinerja secara pribadi namun berkat kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

“ini juga berkat dukungan seluruh masyarakat Pangkalpinang terhadap program Pemerintah Pangkalpinang, kami ucapkan terimkasih,” kata Irwansyah.

Pria yang memastikan tidak lagi maju pada Pilkada Kota Pangkalpinang ini, berharap sebagai aparatur negara, ASN terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Tanamkan dalam diri bekerja tanpa pamrih, kerja ikhlas dan apa yang dilakukan semata-mata untuk pengabdian dan ibadah kepada Allah,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner Ombudsman RI, Andrianus Meliala menjelaskan, penilaian penghargaan ini mengggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Metode observasi yang digunakan ialah dengan mengamati ketampakan fisik dari ketersediaan komponen pelayanan di unit pelayanan publik kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah.

“Observasi dilakukan secara mendadak, yaitu tanpa memberitahukan terlebih dahulu kepada UPP atau SKPD tentang waktu pelaksanaan observasi,” ujar Adrianus.

Dalam survei ini, Ombudsman melakukan penilaian terhadap 14 kementerian, 6 lembaga, 22 provinsi, 107 kabupaten, dan 45 kota pada Mei sampai Juli 2017. Tujuan survei ini ialah mendorong pemenuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selain predikat implementasi kepatuhan tertinggi yang diraih Pemprov Sulawesi Selatan, Ombudsman memberikan predikat kepatuhan tertinggi dalam 7 kategori lainnya. Predikat tersebut adalah peningkatan tertinggi zona kepatuhan yang diterima Kota Bengkulu, kategori locus baru kepatuhan terbaik yang diraih Pemkab Belitung Timur, kategori kepatuhan tertinggi pemerintah kabupaten diterima Pemkab Bangka, kepatuhan tertinggi pemerintah kota diterima Pemkot Manado, kepatuhan tertinggi pemerintah provinsi diterima Pemprov Nusa Tenggara Barat, kategori kepatuhan tertinggi lembaga diterima BNN, dan kepatuhan tertinggi kementerian diterima oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Kota Pangkalpinang meraih penghargaan kepatuhan tinggi.

Baca Juga :   BPN Prabowo-Sandi Tagih Janji Ekstrem La Nyalla

Selain delapan predikat tertinggi tersebut, Ombudsman juga memberi predikat kepatuhan tinggi dalam empat kategori, yaitu untuk kementerian/lembaga yang diraih Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Kemensetneg, dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir. Sementara untuk Predikat Kepatuhan Tinggi tingkat Pemerintah Provinsi diterima oleh Pemprov Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, dan Nusa Tenggara Timur. (awj/rel)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Presiden Resmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah Kalimantan Timur

Jakarta, KoranSN Presiden RI Joko Widodo meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah atau IJD …

error: Content is protected !!