Panwaslu Copot Paksa APK di Kendaraan

Sejumlah petugas saat mencopot APK yang terpasang di angkot. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) melakukan razia terhadap angkutan desa yang melintas di Jalintim Banyuasin. Panwaslu juga mencopot paksa alat peraga kampanye (APK) berupa stiker calon kepala daerah yang masih menempel di kendaraan, Selasa (27/2/2018).

Ketua Panwaslu Banyuasin Iswadi mengatakan, razia tersebut untuk menertibkan APK yang dipasang di mobil. Selain melanggar aturan, pemasangan APK di belakang mobil dapat membahayakan pengendara di belakangnya.

Pantauan SN, beberapa mobil Angdes yang mengetahui adanya razia ini, memilih memutar arah. Namun, banyak juga sopir yang pasrah stiker di mobilnya dicopoti petugas gabungan Panwaslu dibantu Dishub Banyuasin dan Polantas Polres Banyuasin.
Iswadi mengatakan, Panwaslu Banyuasin sudah menyurati calon kepala daerah untuk melepas APK yang masih menempel di kendaraan, namun banyak calon cuek dan melakukan pembiaran.

“Jadi, kami lakukan pemberhentikan setiap angkutan umum yang masih memasang stiker calon karena tidak sesuai dengan aturan KPUD. Untuk mekanisme kampanye sudah ada aturannya dan jadwalnya, jadi tidak bisa sesuka hati,” kata Ketua Iswadi.

Tindakan tegas dari Panwaslu Kabupaten Banyuasin dengan melakukan razia penertiban bersama Dishub dan Polres Banyuasin berhasil menjaring belasan mobil Angdes yang sedang melintas dan terlihat masih terpasang APK Paslon Gubernur Sumsel maupun Paslon Bupati Banyuasin.

“Yang jelas sebagai bukti tindakan tegas kita dari Panwaslu, kita tertibkan dan kita lepas paksa stiker paslon yang masih menempel di Angdes tanpa pandang bulu,” ujar Iswadi.

Baca Juga :   Pj Bupati Banjarnegara: Satlinmas Partner Pemerintah Menjaga Kamtibmas

Dikatakan Iswadi, dari hasil penertiban tersebut, pihaknya menjaring 13 Angdes, yang di dapati ada stiker pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Banyuasin.

“Penertiban ini akan terus dilakukan hingga bersih semua APK yang di pasang tidak pada tempatnya tersebut,” pungkasnya. (sir)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Airlangga Hartarto Puji Kinerja Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Tetap Solid dengan Inflasi Terjaga

Palembang, KoranSN Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi SH MSE bersama Forum Koordinasi …

error: Content is protected !!