Panwaslu Ingatkan Ancaman Pidana Bagi Pelanggar Pemilu



Suasana sosialisasi pengembangan pengawasan Pemilu Partisipatif. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Ketua Panitian Pengawas Pemilu (Panwaslu) Musi Rawas Utara (Muratara) Munawir mengatakan, jika ada yang melakukan pelanggaran atau kecurangan dalam pemilu akan ditindak pidana.

Tindak pidana pemilu ada dua, yaitu pidana denda dan pidana kurungan.

“Ini peraturan bersama antara Bawaslu dengan Polri serta kejaksaan agung,” kata Munawir usai memberikan materi kepada peserta sosialisasi pengembangan pengawasan Pemilu partisipatif di RM Sederhana, Kamis (8/11/2018) Untuk mengantisipasi kecurangan dalam pemilu lanjut Munawir, pihaknya mengadakan sosialisasi kepada masyarakat, mahasiswa dan pelajar guna menyebarkan apa-apa saja yang menjadi pelanggaran dalam pemilu.

Baca Juga :   Bolos Hari Pertama Kerja 137 Pegawai PALI Akan Terima Sanksi

“Hari ini kita adakan soisalisasi, himbauan, selanjutnya kita merekrut pengawas partisipatif untuk menyebarkan apa saja pelanggaran-pelanggaran dalam pemilu,” kata Munawir.

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi partisipatif ini, masyarakat mendapatkan pencerahan dan pendidikan mengenai pelanggaran pemilu.

“Kami mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, mahasiswa dan pelajar untuk sama-sama mengawasi tahapan pemilu, dan melaporkan apabila ada indikasi kecurangan dalam pemilu,” ungkapnya. (snd)

Bagikan :

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Bed RS Lapangan Masih Kosong

PALI, koranSN Sebanyak 30 bed yang berada di Rumah Sakit (RS) Lapangan, RSUD Talang Ubi, …