Panwaslu Lubuklinggau Gelar Sosialiasi Tahapan Pilkada

Suasana Bimtek Sosialisasi Tahapan Pilkada yang digelar Panwaslu Kota Lubuklinggau. (foto-rifat/koransn.com)

Lubuklinggau, KoranSN

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Lubuklinggau menggelar sosialisasi pengawasan tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 Serta Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, di Ball room Hotel Hakmaz Taba, Selasa(26/12).

Ketua panwaslu Kota Lubuklinggau, Mirwan didampingi komisioner lainnya, Mursyidi dan Bahusi mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, betapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pilkada.

Dijelaskannya partisipasi masyarakat itu antara lain, memberikan pemahaman politik agar nanti memberikan hak suaranya secara baik dan benar dalam Pilkada. Juga sosialisasi pada pemilih pemula dan juga masyarakat dapat berperan aktif dalam melakukan pengawasan.

“Karena secara kelembagaan atau personil, Panwas itu jumlah sedikit , sangat membutuhkan bantuan semua pihak,“ ujarnya.
Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan UU nomor 7 tahun 2017 Panwaslu diberikan wewenang atau tugas pengawasan, penanganan Sengketa, dan Pelanggaran.

“Partisipasi masyarakat sangat efektif guna mewujudkan Pilkada bersih dan jujur, jadi keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan, termasuk juga tolong Awasi kami dalam melaksanakan tugas,” tegasnya.

Petugas Panwaslu Lubuklinggau beserta jajaran Panwascam termasuk staff saat ini hanya berkisar 150 orang untuk mengawasi 150 ribu pemilih dan luasan daerah 401 KM.

Baca Juga :   Ratusan Honorer K2 Ikuti Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan

“Untuk itu kami berharap partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi,” pintanya.

Kepala Sekretariat Panwaslu Kota Lubuklinggau itu, Hendri Almawijaya, menjelaskan, tujuannya adalah untuk menumbukembangkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengawasi jalannya Pilkada serentak 2018.

“Yang kita libatkan adalah Panwascam, Toko Masyarakat, Ormas, OKP dan pelajar yang ada di Kota Lubuklinggau, sosialisasi ini mengharapkan semua masyarakat dapat berpartisipasi dalam mengawasi Pilkada serentak,” jelasnya. (rif)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Dandim 0404 Kunker ke PALI Disambut Wabup Soemarjono

PALI, KoranSN Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM melalui Wakil Bupati PALI, Drs. …

error: Content is protected !!